Grooming

Cukur Bulu Ketiak Hilangkan Bau Badan?

Pria mencukur bulu ketiak? Pentingkah? Kalau iya apa saja manfaatnya? Pertanyaan-pertanyaan sederhana ini adalah pertanyaan yang sering kali terlontar oleh kita, apalagi jika pada satu momen kita menemukan teman kita tak memiliki bulu ketiak.

Jawabannya yang agak sedikit kompleks. Banyak pria ingin mencukur bulu ketiaknya dengan beberapa asumsi seperti berikut:

Mengurangi jumlah keringat

Sponsored Links

Membuat ketiak lebih higienis

Untuk estetika pekerjaan

Mengurangi aroma tak sedap

Poin terakhir menjadi poin yang paling penting untuk pria, karena pada dasarnya rasa percaya diri kita akan jatuh berantakan saat kita menyadari ketiak kita menyebarkan aroma tak sedap pada sebuah situasi formal. Lalu benarkah mencukur bulu ketiak mengurangi aroma tak sedap dari ketiak itu sendiri?

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan ilmuwan di Ceko pada tahun 2011. Kelompok pria yang rutin mencukur bulu ketiaknya dan yang tidak pernah sama sekali memberikan sampel dari aroma tubuh mereka untuk dicium oleh para wanita. Hasilnya, 3 dari 4 percobaan menunjukkan para wanita memberikan nilai yang sama pada dua kelompok ini.

Hal ini menunjukkan ternyata mencukur bulu ketiak tidak secara signifikan mengubah aroma tubuh kita. Pada dasarnya makanan dan jumlah keringat yang kita keluarkan menjadi penentu apakah aroma tubuh kita sedap atau tidak.

Semua sebenarnya kembali kepada kebutuhan penampilan kita seperti apa, jika kita lebih nyaman hairless di depan wanita ya tinggal cukur saja bulu ketiak. Ketika kita merasa kurang maskulin tanpa bulu ketiak ya monggo dirawat itu bulunya.

Percaya diri adalah yang terpenting!