Gadget

D810A, Kamera Nikon Penangkap Bintang Malam

Dunia fotografi dari waktu ke waktu semakin mengalami peningkatan yang signifikan, dari semua kasta seni mungkin hanya fotografi yang mengalami digitalisasi begitu cepat.

 

Fenomena tersebut sangatlah wajar mengingat fotografi telah menjadi kebutuhan kita dalam keseharian bahkan telah merasuk ke dalam berbagai gadget lainnya, seperti ponsel dan komputer yang kini juga telah dilengkapi lensa penangkap cahaya.

 

Para produsen kamera pun turut berlomba dalam euforia tersebut, salah satunya Nikon. Produsen asal Jepang ini memang telah lama konsisten menciptakan kamera-kamera terbaik bagi penggunanya, salah satunya Nikon D810A.

nikon-d810a2

Nikon D810A dengan berbagai kecanggihannya | Dok. Nikon USA

 

Kamera DSLR ini memang telah setahun diluncurkan, namun kecanggihannya masih terasa enak untuk diulas. Kamera yang merupakan hasil modifikasi dari Nikon D810 ini menjadi kamera DSLR full frame pertama yang dikhususkan untuk astrografi atau perbintangan.

 

Nikon secara khusus menanamkan filter infrared (IR-cut) yang meningkatkan kemampuan kamera dalam menangkap cahaya nebula yang ada di langit pada malam hari. Selain itu Nikon D810A juga fitur ilmiah tambahan khusus untuk mendukung fotografi dengan eksposur panjang.

 

Butuh keterampilan khusus untuk menyerap kemampuan kamera ini ketika digunakan. Di mana kinerja ISO dan pengoptimalan transmisi hidrogen alfa spektral line memberikan tingkat sensitivitas 4 kali lebih baik dengan panjang gelombang sebesar 656 Nanometer. Hal itulah yang membuat Nikon D810A mampu menghasilkan gambar dengan warna merah cemerlang pada nifus nebula dan rasi bintang dengan detail yang mengagumkan.

nikon-d810a3

Tampilan Nikon D810A dengan segel anti debu dan kelembaban | Dok. Nikon USA

 

Nikon juga menawarkan pengguna D810A dengan sensor resolusi sebesar 36,3 piksel CMOS. Sensor tersebut semakin diperkuat dengan prosesor gambar Expeed 4 yang akan menjadikan gambar dengan noise rendah dan rentang dinamis yang panjang.

 

Bicara ketahanannya sendiri, Nikon D810A telah dibalut dengan bodi bermaterial magnesium alloy dengan segel anti debu dan kelembaban. Nikon pun membanderol kamera spesialis penangkap keindahan bintang ini seharga Rp 40 juta.