Motor-mobil

Daihatsu Sirion yang Benar-benar Berubah Wajah

Setelah 11 tahun mengaspal di Indonesia, Daihatsu Sirion kembali hadir dengan perubahan secara total. Baik eksterior dan interior semuanya tak akan mengira jika ini merupakan generasi ketiga Daihatsu Sirion. All New Daihatsu Sirion yang baru saja resmi meluncur tampil lebih stylish, aman dan nyaman.

Sirion generasi ketiga ini membawa fitur keamanan yang lebih terpercaya sehingga lebih bersahabat untuk dikendarai. Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC) pada Daihatsu Sirion berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer. Memiliki empat titik airbag, dua di depan dan dua di samping menjadikan Sirion lebih menjamin keselamatan penumpangnya. ISOFIX dan Seat Belt Reminder pada pengemudi dan semua penumpang, membuat All New Sirion semakin siap bersaing dengan competitor lainnya.

sirion1

Dasbor All New Daihatsu Sirion | Dok. Daihatsu

Untuk menunjang aspek stylish, All New Sirion disematkan LED headlamp, 15’ inch polished alloy wheel, serta LED rear combi lamp. Tanpa perlu dijelaskan lagi, eksteriornya sudah terlihat perubahannya di mana bentuk bodi yang lebih mirip dengan Toyota Etios Valco, dengan bagian belakang yang agak menonjol. Mungkin ingin memberikan volume lebih untuk bagian bagasi yang kini berkapasitas 277 liter. Ground clearance-nya juga lebih tinggi, sehingga lebih aman untuk melalui jalan rusak.

All New Sirion juga dilengkapi dengan key free system dan Start/Stop Button disertai immobilizer dan Digital AC yang memudahkan untuk mengatur suhu kabin sesuai keinginan. Dengan adanya 2-Din Touch Screen Audio yang dilengkapi Parking Camera, plus Audio & phone hands free steering switch, All New Sirion semakin menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengendaranya.

sirion3

Eksterior All New Daihatsu Sirion yang benar-benar berubah | Dok. Daihatsu

Bicara akselerasi, Mesin DOHC berkapasitas 1.329 cc milik Sirion kini telah menggunakan teknologi Dual VVT-i dan Drive by Wire. Teknologi yang juga digunakan oleh Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Alhasil, tenaganya lima angka menjadi 95 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 12,2 Kgm di 4.200 rpm. Pihak Daihastu memberikan dua opsi transmisi, yakni manual dengan 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Tak perlu khawatir tenaganya ini akan membuat kabin bising karena kualitas NVH (Noise Vibration Harshness) juga meningkat berkat penggunaan peredam yang lebih baik, plus acoustic windshield yang mampu meredam suara dari depan.

Selain itu, Sirion sebenarnya memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc, namun sayang sepertinya tak akan dihadirkan di Indonesia, karena akan mengancam pasar Toyota Yaris. Terdapat lima varian warna baru untuk Sirion, yakni Lava Red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver dan Peppermint Green.

 

Dengan spesifikasi tersebut, Daihatsu membanderol seharga Rp 182.500.000 untuk tipe manual, dan Rp 193.500.000 untuk tipe automatic.