Motor-mobil

Datsun Cross Debut Global Di Indonesia

Setelah beberapa kali memajang konsep mobil crossover, akhirnya Datsun mengeluarkan produk teranyarnya yang beraroma crossover. Mobil yang diberi nama Datsun Cross ini menjadi pengalaman baru Datsun di kelas Crossover, bagaimana spesifikasinya? Mari disimak!

Model ketiga dari Datsun setelah bangkit kembali ini melakukan debut globalnya di Jakarta, jadi Indonesia menjadi Negara pertama tempat Datsun Cross mengaspal. Diluncurkan di Kota Kasablanka, Jakarta, (18/01/2017), Datsun Cross membawa banyak penyegaran lewat model dan berbagai fiturnya. Jika dilihat secara sekilas, mobil mirip seperti Datsun Go Panca versi premiumnya.

Eksterior

Datsun Cross tampil dengan eksterior yang segar dan gagah. Desain lampu otomatis yang tajam disertai fitur follow me home merupakan yang pertama di kelasnya. Grillnya tampil dengan motif honeycomb, sedangkan di bagian bawah lampu depan, terdapat lampu kabut bulat, plus skid plate pada bemper depan yang semakin menegaskan konsep mobil crossover.

Over-fender pada Datsun Cross juga memberik kesan lebih sporty, termasuk penyematan roof rail yang mampu menampung beban berkapasitas 30 kilogram, yang bermanfaat untuk perjalanan jauh dan membawa barang banyak. Datsun Cross juga sudah dilengkapi dengan wiper, di mana tidak ada di model lawas Datsun Go Panca. Selain itu ground clearance cukup tinggi, yakni mencapai 200 mm, dengan ban berukuran 15 inci. Ini akan memudahkan Datsun Cross dibawa menjelajah medan terjal di Indonesia. Dimensi yang dimiliki Datsun Cross sebesar 1.560 milimeter untuk tingginya, 1.560 mm untuk lebar, dan 1.670 mm untuk panjangnya.

Interior

Setelah melihat bagian luarnya, bagian dalam Datsun Cross juga jauh berubah. Tampilan dashboard sudah tak lagi bikin malu, panel instrument dengan aksen krom dan head unit berlayar sentuh berukuran 6,75 inci, telah dilengkapi koneksi bluetooth, USB, Aux dan smartphone. Posisi rem tangan yang sebelumnya mirip seperti bus ¾ karena berada di setir, kini sudah seperti mobil lainnya di dekat boks transmisi.

2018-datsun-cross-interior

Tampilan dashboard Datsun Cross | Dok. Datsun

Sponsored Links

Performa

Bicara performa Datsun Cross bisa sedikit lebih pamer di jalanan karena sudah mengusung transmisi CVT, sehingga menambah tenaga hingga 10 hp menjadi 78 hp, di mana sebelumnya dengan transmisi manual hanya 68 hp. Namun sayang, mesin yang digunakan masih berkapasitas 1,200 cc, bisa dibilang kurang sesuai ekspektasi untuk mobil kelas crossover.

Mungkin yang bisa menjadi penghibur dari performanya karena transmisi X-tronic CVT yang akan membuat berkendara lebih halus serta irit bahan bakar. Tapi sepertinya Datsun belum blak-blakan berapa konsumsi bahan bakar Datsun Cross.

Fitur

Setelah membahas semuanya, kita akan membahas fitur Datsun Cross. Fitur sendiri akan menentukan ada di mana level sebuah kendaraan. Datsun Cross telah membawa beberapa fitur keren yang membuatnya naik kelas dari dua model Datsun sebelumnya yang masuk kategori LCGC.

datsun-go-cross2

Tampilan Datsun Cross dari belakang | Dok. Datsun

Teknologi seperti teknologi vehicle dynamic control (VDC) yang mencakup anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction control (TCS) dan brake-limited slip differential (B-LSD) telah ada di Datsun Cross. Lalu perangkat keselamatan lainnya, seperti double air bags, lampu peringatan sabuk pengaman dan lampu headlight otomatis sudah dimiliki. Selain itu kaca belakang kini telah berwiper, sehingga masalah pandangan saat hujan deras tak perlu risau lagi. Kaca spoin juga sudah bisa disesuaikan secara elektrik dan memiliki lamp repeater untuk memberikan pengguna jalan lainnya penunjuk yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh pengemudi Datsun Cross.

Pokoknya Datsu Cross sudah benar-benar naik kelas, tak perlu takut diledek karena menunggangi mobil LCGC dengan tingkat emisi yang belum sebaik mobil premium. Lalu berapa kira-kira harganya? Seperti biasa, Datsun masih belum mau membanderol produknya tinggi-tinggi. Mobil ini dibanderol Rp 163 juta untuk transmisi manual dan Rp 175 juta untuk transmisi otomatis CVT, dengan 7 varian warna amber metalik, copper metalik, putih, hitam, abu-abu, merah dan perak.

Kehadiran Datsun Cross pun digadang-gadang akan menantang para pesaingnya seperti Mitsubishi Xpander, Honda BR-V, serta beberapa mobil low mpv lainnya. Sanggupkah Datsun menyalipnya? Kita lihat saja.