Tekno Otomotif

Debut Apple Di Dunia Otomotif Lewat Mobil Otonom

Perusahaan gadget raksasa Apple akhirnya mengakui jika sedang menyiapkan proyek mobil tanpa kemudi otonom. Setelah diisukan cukup lama akhirnya sang CEO Tim Cook mengatakannya secara langsung ke khalayak luas terkait proyek ini.

Proyek yang menjadi debut Apple di dunia otomotif ini diklaim akan mencuri perhatian banyak orang. Melihat Apple adalah sebuah perusahaan yang mampu menghasilkan berbagai sistem canggih.  Meskipun begitu, proyek yang diberi nama Project Titan ini mengalami pergeseran dimana awalnya Apple akan fokus dalam merancang mobil otonom secara utuh menjadi pengembangan sistem saja.

Proyek yang tadinya berskala besar ini mengalami penyusutan soal tim menjadi 1.000 anggota pada tahun 2016. Apple pun kini lebih memfokuskan diri pada pengerjaan sistem mobil, yang dianggap akan menjadi induk dari semua proyek artificial inteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang ada selama ini.

Apple sendiri sudah mengantongi izin untuk uji coba mobil otonom besutannya. Menurut beberapa info mobil Lexus RX450h terpilih untuk menjadi bahan percobaan dari Apple. Terlebih muncul beberapa foto mobil tersebut yang telah dilengkapi dengan berbagai alat sensor, seperti sensor LiDAR (Light Detection and Ranging) dari Velodyne LiDAR, dua buah radar, dan sejumlah kamera.

Meski telah diketahui banyak orang dan menjadi pusat rasa ingin tahu publik, Tim Cook enggan memberi tahu secara detil soal Project Titan dan mobil otonom ini. Apple pun menyatakan jika keputusan akhir proyek ini untuk dilanjutkan dan diproduksi akan ditentukan pada akhir 2017.

Jika benar Apple merealisasikan proyek ini, maka Apple akan menjadi perusahaan diluar otomotif pertama yang bermain di mobil otonom. Beberapa perusahaan yang sudah lebih dulu menguji teknologi ini ialah BMW, Honda, Ford, General Motors, Mercedes-Benz, Tesla, Faraday Future, NextEV dan Volkswagen.