Motor-mobil

Desain Radikal Sport Yamaha Niken

Yamaha membuat gebrakan dengan menghadirkan motor sport beroda tiga. Motor yang diberi nama Yamaha Niken ini mampu menyedot perhatian pencinta otomotif karena merupakan motor sport pertama beroda tiga. Motor ini sendiri secara resmi baru diperkenalkan di pasar Eropa.

Yamaha Niken tampil dengan agresif dan desain yang radikal. Motor yang diperkenalkan langsung oleh Valentino Rossi dalam peresmiannya ini mengusung unique leaning multi wheel technology yang dikembangkan oleh Yamaha. Teknologi tersebut diklaim akan membuat traksi baik semakin baik dan maksimal.

Motor berlogo garpu tala ini menggunakan teknologi Leaning multi-Wheeler yang memungkinkan 4 suspensi depan upside-down Yamaha Niken dapat bergerak secara independen. Dengan begitu maka akselerasi pengendara saat menggunakannya tak akan terganggu dan semakin dimudahkan. Pihak Yamaha sendiri mengklaim jika Niken bisa mencapai tingkat kemiringan 45 derajat ketika menikung.

niken2

Lekuk garis bodi Yamaha Niken yang tegas dan agresif | Dok. Yamaha

Dapur pacu Yamaha Niken merupakan basis dari MT-09 dengan kapasitas 847 cc, 3-cylinder, liquid-cooled, dan DOHC CP3 engine (crossplane 3-cylinder inline). Spesifikasi tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 113,4 hp dengan torsi mencapai 87,5 Nm.

Jika melihat desain Niken memang sangat terlihat garis keturunan dari seri Yamaha MT. Yamaha Niken tampil begitu gahar, radikal dan futuristik ditambah mesin yang kaya torsi dengan Rangka Hybrid yang ringan akan membuat performa motor sport ini gagah dan mantap dengan kenyamanan jarak jauh.

Dengan dimensi panjang 2,150 mm, lebar 885 mm dan tinggi yang mencapai 1,250 mm, Niken terasa sangat lapang bagi pengendaranya. Ditambah bobotnya hanya 263 Kg.

Yamaha sebelumnya sudah mengeluarkan motor serupa beroda tiga dengan dua ban di depan, yakni Yamaha Tricity 155. Namun motor tersebut masuk dalam jenis skuter matik dan bersaing dengan Piaggio MP3, meskipun Piaggio jauh lebih unggul dari segi spesifikasi.

niken3

Mengusung lampu LED dengan desain yang futuristik | Dok. Yamaha

Lalu berapa harganya? Dilihat dari situs resmi Yamaha Inggris, motor ini dibanderol £13.499 atau sekitar Rp 258 juta. Cukup murah untuk motor sport dengan performa dan spesifikasi gahar, namun jika resmi dipasarkan di Indonesia, sudah pasti harganya akan melambung tinggi.

Hal itu dikarenakan motor ini akan terkena pajak barang mewah ( PPNbM ) sebesar 125 % ditambah harga unik dari sebuah motor sport dengan spesifikasi istimewa. Kemungungkinan jika dipasarkan di Indonesia, Yamaha Niken akan dibanderol di kisaran Rp 600 juta.