Fashion

Detail Kecil Penting untuk Gaya

Mode itu gaya hidup dan budaya. Jadi, selain melibatkan tren pakaian, ia juga tentang kebiasaan. Bagaimana cara mengombinasikan aksesori dengan pakaian, di mana aksesori tertentu boleh dikenakan, atau seberapa panjang ujung lengan kemeja mengintip dari balik lengan jas, semuanya disepakati secara bersama oleh masyarakat.

Baik-buruknya aplikasi mode dalam hidup kita ditentukan dan dinilai oleh tren masyarakat. Apa yang lazim saat ini, mungkin akan terlihat tabu beberapa dekade lalu. Itulah sebabnya Kalian harus selalu update tentang perkembangan tren.

Berikut beberapa hal dasar terkait aturan detail mode pria yang masih update hingga hari ini, beberapa di antaranya mungkin baru kalian ketahui.

Ikat Pinggang dan Suspender Bersamaan?

Ini sudah 2017, tapi masih ada saja yang melakukannya. Saat saya menyaksikan dua (dua!) selebriti lokal memandu acara di satu saluran televisi dengan cara berpakaian serupa, saya pikir itu guyonan. Keduanya memang lebih dikenal sebagai pelawak. Atau mungkin sang penata gaya berhalangan datang karena sakit.

ikatpinggangok

Secara logis, kita tahu fungsi ikat pinggang dan suspender sama-sama memastikan celana kalian melekat rapi di pinggang, mencegah kedodoran. Bila keduanya dipakai sekaligus, saya akan mengira celana tersebut mengandung metal yang luar biasa berat sehingga dibutuhkan bantuan ekstra seperti tambahan suspender untuk menahannya.

Kancing Blazer/Jas Saat Duduk

Ini adalah aturan standar yang berdasar. Blazer dan jas dirancang untuk penampilan yang rapi. Saya ulangi; rapi. Saat Kalian duduk, gravitasi akan menahan kelebihan lemak perut.

kancingbalzerok

Jika blazer tetap terkancing, ini akan menciptakan siluet yang menyerupai cincin Saturnus pada bagian pinggang Kalian. Mungkin bisa lain cerita jika Kalian punya perut six pack, namun blazer akan tetap kusut jika Kalian masih mengancingkannya ketika duduk.

Kacamata Hitam Dalam Ruangan?

Kalian Chico Jericho? Bila Kalian selebriti, silakan lewati poin ini. Namun jika tidak diberkahi privilege seperti para pesohor, copot kacamata hitam ketika memasuki ruangan.

Alasannya masuk akal. Pertama, kacamata hitam dibuat untuk menghalau silau matahari di luar sana sedangkan selebriti butuh kacamata hitam di dalam ruangan untuk mengantisipasi kilat dari kamera para fotografer.

kacamatahitamok

Kedua, saat berbicara dengan siapa saja, kacamata hitam menciptakan perisai yang menutup koneksi lawan bicara pada jendela jiwa Kalian. Ini menyebabkan rasa tidak menyenangkan. Jangan menebar energi negatif di lingkungan sekitar bro.

Sponsored Links

No Sock Time

Hal sepele ini memengaruhi kenyamanan saat berinteraksi dengan orang lain. Jika kulit kaki Kalian bertipe kering, tak berkaus kaki tak jadi masalah. Kalian juga bisa menyemprotkan   anti-odor spray   khusus kaki.

kaoskakiok

Lain cerita bila kulit kaki kalian mudah berkeringat, kaus kaki wajib hukumnya. Karena keringat bercampur bakteri akan menyebabkan aroma mengganggu di area tersebut. Ingin terlihat kekinian tanpa kaus kaki? Kenakan no-show socks.

Panjang Lengan Jaket/Blazer

Adakah acuan yang pasti tentang panjang lengan jaket atau blazer? Beberapa praktisi mode menyebutkan panjang lengan jaket atau blazer harus berhenti ditulang pergelangan tangan. Ini menyisakan sekitar satu hingga satu setengah sentimeter ujung lengan kemeja Kalian untuk terlihat.

lenganlipatok

Berhubung postur setiap pria berbeda ditambah fakta mengenai asimetrisnya panjang lengan kiri dan kanan setiap manusia, pengepasan atau fitting melalui  jasa profesional seperti penjahit atau tailor harus dilibatkan. Sharp look is all about fit. Tahukah kalian setiap tailor dianugerahi mata yang jeli akan proporsi dan estetika. Just leave it to them.

So, Brothers, beberapa panduan dasar di atas adalah sebagian kecil dari begitu banyak konvensi mode yang diterapkan dalam kehidupan berbudaya pria modern. Penting diketahui agar tidak membuat kita salah gaya di kemudian hari. Agar penampilan tetap prima dan kekinian, pantau terus berita dan tips mode disini, ya.