Tekno Otomotif

Drone Canggih dan Terjangkau Dari Xiaomi

Setelah berhasil merebut hati para pencinta gadget lewat kamera action cam. Kini Xiaomi kembali membuat gebrakan dunia teknologi dengan meluncurkan produk drone pertamanya yang diberi nama Mi Drone pada Rabu, (25/5/2016).

Gadget penunjang dokumentasi aerial asal Cina ini dilengkapi dengan empat baling-baling (quadcopter), 3-axis gimbal dan kamera beresolusi 4K dengan monitor smartphone Xiaomi. Kelebihan Mi Drone adalah bisa dibongkar pasangnya beberapa komponen di perangkat tersebut, seperti modul kamera dan rotor.

Xiaomi sendiri menghadirkan Mi Drone dengan dua varian, yakni Mi Drone dengan kamera beresolusi 4K yang dibanderol Rp 6,2 juta dan beresolusi 1080p yang dibanderol seharga Rp 5,2 juta. Dengan hadirnya Mi Drone, praktis menjadikan Xiaomi sebagai produsen drone beraksis 3 paling terjangkau di dunia.

DJI yang sebelumnya menjadi produsen drone dengan harga paling terjangkau dan menguasai 80 persen penjualan drone 3 aksis, harus rela digeser posisinya oleh Xiaomi. Saat ini Phantom 3 Pro dan Phantom 3 Advance produksi DJI masing masing dihargai Rp 14 juta dan Rp 11 juta.

Mi Drone juga menghadirkan mode standar penerbangan drone, yakni takeoff, landing, kembali ke rumah (Return To Home), orbit dan navigasi ke titik tertentu. Selain itu, Mi Drone juga memiliki kapasitas baterai sebesar 5.100 mAh dan mampu menerbangkan drone dengan durasi 27 menit. Dengan itu, Mi Drone menjadi drone yang memiliki kapasitas baterai paling besar di antara pesaingnya.