Gadget

Efek Negatif Terlalu Lama Main Smartphone

Sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan yang menunjang keperluan hidup dalam segala hal. Tentu saja smartphone seakan sudah menjadi bagian dari tubuh kita yang tak bisa dilepaskan.

Sponsored Links

Fitur-fitur canggih pada smartphone membuat banyak orang semakin betah untuk berlama-lama menggunakannya. Akan tetapi, terlalu lama menggunakan smartphone ternyata dapat memberikan dampak negatif terhadap kehidupan kita. Apa saja dampak yang timbul akibat terlalu candu dengan perangkat canggih ini? Simak ulasannya.

Stress Eye

Dikutip dari CuriousMob, The Vision Council’s 2005 Digital Eye Strain Report mengatakan bahwa 37 persen dari generasi milenial menghabiskan minimal 9 jam untuk menatap layar  smartphone . Kemudian 7 dari 10 orang melaporkan bahwa mereka mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan, serta rabun dekat.

gejet-1

Iritasi mata bisa disebabkan karena terlalu lama menggunakan smartphone | Istimewa

Hal ini jika dibiarkan akan menurunkan kinerja mata dan merusak pengliatan kalian. Cobalah untuk membatasi penggunaan pada smartphone agar mata terhindar dari iritasi berlebihan.

Bantalan Tulang Bergeser

Penelitian yang dilakukan dari Kenneth Hansraj, M.D., Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine mengatakan bahwa menundukan kepala 60 derajat untuk melihat smartphone sama dengan menambah bobot kepala kamu enam kali lipat. Dan pada posisi tersebut terjadi peningkatan tekanan pada leher.

gejet-2

Leher mudah pegal bila terlalu asyik bermain smartphone | Istimewa

Akibatnya adalah salah satu cakram di antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf . Sehingga menyebabkan bantalan tulang jadi bergeser. Bahaya banget ya, bro.

Penuaan Dini

Sering menekuk leher untuk melihat layar ponsel pintar akan membuat kulit cepat kusut. Hal ini bila dilakukan terus-menerus akan memicu penuaan pada kulit lebih cepat dari waktunya.

gejet-3

Penuaan dini merupakan dampak yang timbul akibat berlama-lama bermain smartphone | Istimewa

Cobalah untuk mengatur posisi tubuh saat menggunakan smartphone serta mengurangi waktu kalian agar tidak terlalu lama terpaku pada layar smartphone tersebut.

Jauh Dari Kehidupan Sosial

Saat sedang menunggu atau sedang dalam antrian yang panjang, kebanyakan orang memilih untuk memainkan ponsel pintarnya. Hal ini akan memicu sifat acuh serta canggung untuk berkomunikasi langsung dengan orang sekitar.

gejet-4

Sifat egois dan acuh tanpa disadari adalah dampak dari kecanduan smartphone | Istimewa

Tentu hal ini menjadi sangat tidak baik apabila seseorang lebih terpaku pada kehidupan di dunia maya ketimbang dunia nyata. Kecanduan yang berlebih pada smartphone akan membuat kalian merasa takut untuk memulai berkomunikasi dengan orang sekitar secara langsung.

Itulah beberapa dampak negatif yang timbul akibat terlalu sering menggunakan smartphone. Tinggalkan ponsel kamu sejenak dan berkomunikasilah dengan orang sekitarmu. Aturlah waktu secara bijaksana agar bahaya dari smartphone tidak mengancam kehidupan kalian di masa mendatang.