Sains

Ehang 184, Taksi Drone Pertama di Dunia

Para wisatawan yang akan berkunjung ke Dubai dan China sepertinya akan segera dimanjakan dengan transportasi super inovatif yang keren. Bayangkan saja sobat lanang, kita dapat menaiki taksi terbang yang melayang-layang di udara tanpa supir.

Taksi terbang ini sendiri bernama Ehang 184 yang merupakan perusahaan pembuat drone asal China. Bentuknya yang terinspirasi dari drone membuat Ehang hanya berkapasitas untuk satu orang. Sistem penerbangan yang digunakan oleh taksi terbang ini menggunakan sistem auto pilot, sobat lanang hanya tinggal menaikinya dan menentukan lokasi tujuan di layar map dan taksi ini akan langsung meluncur.

Pemerintah Dubai sendiri telah melakukan uji coba terhadap Ehang 184 pada minggu lalu. Hal ini merupakan bentuk persiapan dimana Ehang akan memeriahkan acara World Government Summit pada Juli 2017 mendatang.

ehang-184a

Saat Ehang 184 diuji coba di langit Dubai, pada 21 Februari 2017 | Dok. Ehang

Ehang 184 telah dibekali dengan 8 baling-baling di 4 sisinya. Taksi terbang ini juga sangat ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik sebagai sumbernya. Taksi terbang Ehang dapat membawa satu orang penumpang dengan berat maksimal 100 kilogram.

Selain itu, taksi terbang ini bisa membawa sobat lanang melayang sampai di ketinggian 11.000 kaki atau sekitar 3.000 meter dari tanah. Taksi terbang ini juga diklaim sebagai drone paling aman di dunia karena memiliki sistem keamanan terintegrasi yang dilengkapi dengan jaringan computer terenkripsi untuk mencegah peretasan.

Jika terjadi masalah? Jangan khawatir, karena taksi terbang akan turun ke daratan secara otomatis jika terjadi suatu permasalahan pada mesinnya. So, kira-kira kapan ya taksi terbang ini mulai menghiasi langit Jakarta.