Gaya Hidup

Enam Travel Tips ke Jepang

Jepang adalah negara super modern yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya. Sebagai ibu kota, Tokyo yang dihuni 13 juta orang merupakan salah satu kota tujuan utama di Jepang. Secara singkat warga Jepang sendiri adalah orang-orang yang senang bekerja tak henti dari pagi hingga siang. Namun saat akhir minggu tiba, berlibur dengan keluarga atau teman-teman merupakan hal wajib.

Agar tidak terlalu kaget dengan kebudayaan di sana berikut beberapa tips yang wajib diperhatikan jika Anda berkesempatan mengunjungi negeri sakura ini!

Bahasa

Masyarakat Jepang tidak banyak yang berbicara Bahasa Inggris kecuali yang bekerja di hotel atau di bidang pariwisata. Untuk itu selalu siapkan buku catatan untuk meminta orang yang Anda tanya menuliskan petunjuk dalam bahasa Kanji. Akan jauh lebih baik jika salah satu kelompok wisata Anda ada yang mengerti Bahasa Jepang.

Makanan

Jangan berharap menemukan restoran padang Salero Bundo di Jepang karena Masyarakat Jepang sangat bangga dengan kekayaan kulinernya. Jadi coba biasakanlah lidah Anda dengan makanan Jepang seperti Ramen, Sushi atau Onigiri. Lagi pula mengapa harus mencari makanan yang setiap hari bisa kita makan di kampung halaman.

Sampah

Di Indonesia mungkin kita bisa bebas membuang sampah. Tapi di Jepang, terutama di kota besar seperti Tokyo, kita harus menyiapkan kantong plastik di dalam tas untuk menyimpan sampah pribadi. Denda memang berlaku, tapi kebersihan kota di Jepang akan membuat Anda sendiri minder untuk membuang sampah sembarangan. Menariknya entah kenapa di sana bisa sangat bersih walaupun tempat sampah tidak banyak tersedia. Hanya Tuhan yang tahu ke mana sampah-sampah itu pergi.

Transportasi

Karena menyewa mobil atau taksi terhitung cukup mahal, maka transportasi publik adalah satu-satunya pilihan paling hemat. Transportasi publik seperti bus dan kereta bawah tanah tersedia dengan sangat nyaman. Anda harus memiliki JR pass atau Swica card untuk bisa menaiki bus atau kereta.

Loker penyimpanan

Jangan khawatir dengan bawaan yang berlebihan tapi masih mau jalan-jalan keliling kota. Banyak tersedia lemari penitipan hampir disetiap stasiun kereta dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa menitipkan barang bawaan dalam lemari umum maksimal selama 3 hari hanya dengan 300 Yen.

Mata Uang

Usahakan menyiapkan uang tunai saat berangkat. Kurangi penggunaan kartu kredit dan pengambilan tunai, ini akan mempermudah Anda saat berbelanja. Untuk catatan, pengalaman Lanang Indonesia menemukan bahwa kartu kredit terbitan bank tertentu di Indonesia tidak diterima di beberapa tempat di Jepang. Uang tunai tetap yang terbaik!