Olahraga

Energi Baru Jelang MotoGP Qatar

Musim MotoGP 2017 akan segera dimulai akhir pekan ini. Seperti biasa seri pembuka adalah seri Qatar yang akan berlangsung pada Minggu (26/3/2017). Seri Qatar ini akan menjadi saksi banyaknya perubahan yang terjadi di tubuh MotoGP di mana formasi pembalap dan tim-tim baru yang datang. Sayangnya tahun ini tak ada wakil dari Indonesia di ajang balap motor paling bergengsi di bumi ini.

Jorge Lorenzo yang akan memulai debut bersama Ducati menargetkan untuk setidaknya naik podium di Qatar. Dibantu dengan karakter sirkuit Qatar yang sangat pas dengan power Ducati, dirinya ngotot untuk bisa meraih podium di tahun pertamanya bersama Desmosedici.

untitled

Lorenzo akan tampil ngotot demi podium pertama bersama Ducati | MotoGP

“Kita masih harus mencari sesuatu guna meningkatkan konsistensi kecepatan saat race. Fokus kita adalah pada ban sebab menggunakan motor ini selama 22 lap adalah tantangan tersendiri. Namun secara feeling aku merasa potensinya sangat besar. Apalagi race ini adalah pertama kali aku bersama Ducati dan tentu akan menjadi suatu hal yang sangat spesial. Jadi aku akan melakukan apapun untuk bisa meraih podium.” kata Lorenzo seperti dikutip dari Gpone.

Sponsored Links

Di pihak lain Valentino Rossi membidik target yang lebih tinggi di Qatar. Dia mengaku perkembangan M1 sudah tepat dan yakin bisa meraih juara 1 di seri satu-satunya yang selalu dilakukan malam hari ini. Untuk sekedar diingat, Rossi memang memiliki rekaman bagus di Qatar. Dirinya sudah menjadi langganan juara 1 di sini pada tahun 2005, 2006, 2010 dan 2015.

Beralih ke persaingan sebenarnya kemungkinan besar justru akan datang dari pembalap yang lebih muda. Siapa lagi kalau bukan Marc Marquez dan Maverick Vinales. Kecepatan Marquez sudah tidak perlu diragukan lagi tapi yang menarik adalah performa Vinales di atas M1 yang tampak superior di sepanjang test. Vinales seperti tak berhenti membuat kejutan, sejak tahun lalu saat bersama Suzuki dirinya sempat meraih podium dan dengan tunggangan barunya bersama Yamaha tahun ini sang pembalap terlihat lebih kencang, bahkan dibandingkan dengan Rossi sekalipun.

marquez

Marquez diperkirakan akan fight dengan Vinales di Qatar | MotoGP

Perubahan yang cukup menarik juga terjadi pada regulasi winglet yang akhirnya dilarang tahun ini dengan alasan safety. Tapi tim balap tak mau kalah, merasa kehadiran winglet ini sangat membantu aerodinamika motor, tim-tim tersebut mengakali dengan membuat inner winglet pada body motor. Mau tak mau motor-motor tahun ini terlihat lebih gembung dengan kehadiran inner winglet ini.

Kehadiran KTM di kelas MotoGP tahun ini juga bisa menjamin balapan semakin seru untuk tahun-tahun mendatang. Dengan semakin beragamnya pabrikan motor yang mengikuti ajang balap ini, kompetisi dalam inovasi jelas akan meningkat tajam. Yang pasti jangan sampai lewatkan seri pertama MotoGP Qatar 2017 di hari Minggu ya bro!