Sukses

Etika Dasar di Atas Meja Makan

Jika belum pernah merasakan makan malam fine dining atau makan malam formal sampai saat ini, Anda tetap butuh mengerti berbagai aturan dan tata cara makan yang baik. Sudah menjadi standar umum jika semua orang harus bisa mengerti manner di meja makan. Apa saja etika-etika paling mendasar mengenai table manner?

Sunyi

Tak ada yang lebih buruk daripada makan dengan berisik. Kenali jenis makanan dan cara memakannya agar tidak mengeluarkan suara-suara gaib dari dalam mulut. Minimalkan bunyi dentingan antara sendok dan piring, selain itu selalu mengunyah dengan mulut tertutup adalah wajib.

Bicara Pada Waktunya

Kurangi intensitas obrolan selama makan dan jangan pernah berbicara ketika mulut Anda sedang terisi makanan. Selain tidak sopan, potensi semburan dari makanan di mulut akan benar-benar membuat lawan makan Anda pergi.

Makan Bukan Balapan

Makanlah makanan dengan santai. Selalu memberi jeda di setiap suapan akan membuat Anda terlihat sopan, tapi jangan terlalu lambat pula. Makan terlalu cepat akan meningkatkan risiko tersedak. Tak ada hadiah yang menanti jika Anda selesai makan lebih dulu bukan?

Menunggu

Makanan Anda sudah sampai lebih dulu? Tunggu sebentar, jangan mencolek sedikit pun makanan sampai pesanan lawan makan juga sampai di meja. Saat makan dalam kelompok besar, selalu bantu orang lain dalam menyajikan makanan yang mungkin sulit mereka raih. Selain itu Anda juga bisa meminta tolong kepada mereka untuk melakukan hal yang sama jika diperlukan.

Simpan Gaya Koboi

Selalu pastikan siku Anda tidak berada di atas meja. Taruh kedua tangan di paha akan menunjukkan pengertian kita tentang table manner. Gunakan tusuk gigi dengan menutup mulut dengan tangan dan jangan pernah sekalipun menyelipkan tusuk gigi di bibir.

Adaptasi

Tak semua situasi formal memaksa Anda harus benar-benar kaku di atas meja. Ketika kelompok makan Anda adalah teman-teman lama yang ingin lebih santai makan kendurkan otot-otot manner. Menjadi yang paling serius di antara tawa hanya akan membuat orang lain merasa Anda seperti alien.

Your Manner is You

Klien atau wanita sudah bisa membuat kesimpulan tentang siapa kita berdasarkan kebiasaan di atas meja makan. Mungkin di rumah Anda bisa bebas makan dengan kaki ke mana-mana a la warung nasi, tapi dalam beberapa suasana formal kita harus bisa menjadi orang yang berbeda.