Sukses

Etika Meminjam Barang Teman

Karena isu solidaritas sangat kental mendarah daging dalam pergaulan pria maka kebanyakan dari kita akan sungkan jika sampai tidak meminjamkan sesuatu kepada teman. Tapi sering kali kita sebagai peminjam lupa diri karena terlalu akrabnya hubungan. Ketika seorang teman meminjamkan kita barang atau uang bukan berarti dia tak memerlukan barang atau uang tersebut.

Apa saja tindakan yang harus kita ketahui sebelum mulai meminjam sesuatu dari teman?

Deadline

Namanya meminjam jelas memiliki batas waktu tertentu untuk mengembalikan. Sekalipun teman kita tidak memberikan batas waktu tertentu, kita tetap harus memiliki patokan waktu sendiri kapan untuk mengembalikannya. Hal ini bisa membuat teman lebih menghargai kita dan tidak kapok meminjamkan barang lain di masa depan.

Anggap Milik Sendiri

Ketika kita meminjam sebuah barang, jagalah barang tersebut seperti milik kita sendiri. Kembalikan dalam keadaan seperti saat Anda meminjamnya, Tidak kurang tidak lebih. Merusak barang miliknya bisa menjadi masalah serius bagi tali pertemanan Anda, apalagi jika barang tersebut merupakan gadget kesayangannya.

Sanggup Mengembalikan

Jangan pernah meminjam sejumlah uang yang kemungkinan besar Anda akan kesulitan mengembalikannya. Seorang teman yang sedang memiliki rezeki berlebih mungkin tidak akan mempermasalahkan jumlah, tapi kredibilitas Anda sebagai peminjam yang kompeten akan dipertaruhkan di sini.

Mendadak Ninja

Mungkin ninja punya jurus menghilang dengan mudah, tapi mereka tidak meminjam barang siapa pun. Bagi Anda yang merasa belum bisa mengembalikan uang atau merusakkan barang yang dipinjam jangan mendadak hilang dari peredaran. Tetaplah bergaul, mendadak hilang hanya akan membuat Anda terlihat pengecut.

Gali Lubang Tutup Lubang

Sponsored Links

Gagal mengembalikan di teman yang satu, mulai pinjam ke teman yang lain. Berhenti sekarang juga. Ketika Anda mulai menambal-nambal hutang dengan pinjaman dari teman lain, Anda justru sedang dalam perjalanan menghancurkan kepercayaan banyak orang secara perlahan.