Grooming

Fakta Menarik Kumis Menurut Ahlinya

Tak hanya sekedar mejeng di wajah, kumis ternyata punya banyak hal menarik yang belum diketahui banyak orang. Bagi para pria, kumis mungkin adalah salah satu hal yang diinginkan untuk menjadi bagian dari dirinya.

Seorang dokter sekaligus konsultan perawatan, Dr. Allan Peterkin, mengungkapkan banyak fakta menarik soal kumis yang dituliskannya dalam sebuah buku berjudul, One Thousand Mustaches: A Cultural History of the Mo. Apa saja fakta menariknya? Check this out bro.

Magnet

Sadar atau tidak ternyata kumis memiliki sifat magnetis bagi si pemiliknya. Seorang pria berkumis akan menyentuh kumisnya sebanyak 760 kali sehari. Jika melihat hal ini mungkin akan sangat wajar jika pria berkumis jarang membelai pasangannya.

Mahal

Beberapa negara memiliki tradisi unik dalam mengapresiasi pria berkumis. Salah satunya adalah India, mungkin jika Anda sering menonton film bollywood akan terlihat jika mayoritas polisinya berkumis. Namun ternyata dibalik itu, polisi di kota-kota besar India tak jarang akan mendapat bonus jika mereka menumbuhkan kumis karena kumis dianggap sebagai simbol kejantanan dan kekuasaan.

Musim

Jika selama ini kita menganggap hanya tanaman yang siklus pertumbuhannya mengikuti musim, hal itu adalah keliru. Kumis sendiri adalah bulu yang paling cepat tumbuh dibanding bulu yang lainnya.

Hal uniknya ialah kumis akan lebih cepat tumbuh pada saat musim semi dan musim panas, daripada musim dingin dan musim gugur.

Kelenjar

Rata-rata seorang pria memiliki sekitar lima juta kelenjar kumis, dan ini hampir menyamakan jumlah kelenjar yang dimiliki oleh gorila.

Selain itu kumis merupakan bulu dengan sifat menyerap yang baik, bahkan kumis dapat menyerap beratnya sendiri sebesar 20 persen dalam bentuk berupa cairan.

The Beatles

Band terpopuler sepanjang masa The Beatles bahkan pernah menjadikan kumis sebagai penyamaran atas bentuk bibirnya. Hal itu terjadi ketika pada tahun 1967 mereka mengeluarkan album ke delapan yang berjudul Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band.

Dalam sampul album tersebut John Lennon dan kawan-kawan mengenakan kumis. Ternyata hal itu dilakukan secara mendadak untuk menutupi bibir sang bassist Paul Mccartney yang bengkak akibat terjatuh dari motor pada tahun 1966.

Industri

Keberadaan kumis tanpa sengaja telah menciptakan banyak penemuan dan lapangan pekerjaan serta mencetak banyak miliarder. Bayangkan, ternyata kumis telah mendorong lahirnya industri alat cukur khusus dengan nilai mencapai US$ 1,1 miliar.