Sosok

Fangio, Legenda F1 dengan Skill Murni

Google hari ini kembali dihiasi oleh karikatur seorang tokoh sebagai doodle-nya. Desain doodle kali ini menampilkan gambar bertema retro dengan elemen visual mobil balap dan karikatur foto seorang pembalap yang mengenakan helm dan kacamata pelindung.

Tokoh tersebut ternyata adalah seorang legenda balap F1, yakni Juan Manuel Fangio. Fangio adalah pembalap dari Argentina yang dijuluki El Maestro. Selama kariernya, pria kelahiran  24 Juni 1911 ini telah memenangi kejuaraan dunia bersama empat tim berbeda, yakni Alfa Romeo, Ferrari, Mercedez-Benz dan Maserati.

Hal tersebut membuat dirinya menjadi legenda dengan rekor yang belum terpecahkan oleh pembalap lain karena menjuarai sebuah kompetisi balap dengan pabrikan yang berbeda-beda tidaklah mudah. Dibutuhkan skill membalap yang murni dan bakat yang memang sudah dibawa sejak lahir untuk bisa menjadi seperti itu.

Hampir selama 10 tahun kariernya, Juan Manuel Fangio mendominasi hegemoni juara di F1 dengan meraih 5 kali gelar juara pada 1951,1954,1955, 1956 dan 1957. Pencapaian tersebut pun membuat Fangio mempunyai catatan tak terkalahkan selama 47 tahun, setelah akhirnya bisa dilewati oleh pembalap legendaris asal Jerman, Michael Schumacher dengan catatan Schumacher menjadi juara dengan dominasi mobil Ferrari.

Ternyata semua bakat tersebut telah terlihat sejak Fangio kecil di mana ia lebih memilih untuk belajar menjadi mekanik mobil daripada sekolah. Ketika berumur 13 tahun, ia memilih keluar dari sekolah untuk bekerja sebagai asisten mekanik dan membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk bisa benar-benar menjadi mekanik.

Sponsored Links

Keahliannya dalam berkendara didapat ketika ia mejalankan wajib militer. Fangio bergabung dengan militer di usia 21 tahun. Namun, tak sampai setahun kemudian, ia dibebaskan dari wajib militer. Setelah itu, Fangio membuka garasi sendiri dan mulai berkompetisi dalam balapan-balapan lokal.

Berkat torehannya tersebut, Google pun mengapresiasinya dengan memperingati ulang tahunnya di Google Doodle.