Film

Film Workshop ICAD 2018, Kisah Dibalik Pembuatan Film

Masih dalam rangkaian acara ICAD 2018, hari Jumat (19/10/2018) beberapa tokoh perfilman dunia didatangkan untuk berbagi ‘kisah’ pengalaman dibalik produksi suatu film. Bekerjasama dengan MPA dan APROFI, ICAD 2018 mengadakan workshop film dan menghadirkan Mira Lesmana yang sudah banyak memproduseri deretan film nasional. Hadir pula Jon Kuyper yang merupakan Executive Producer dari beberapa film besar, seperti The Hunger Games, Mad Max; Fury Road, dan juga The Hobbit.

Acara workshop ini dibagi menjadi dua sesi dengan dua topik yang berbeda. Pada sesi pertama, Jon Kuyper bersama dengan Stephen Jenner dari MPA mengajak seluruh pengunjung yang hadir untuk membahas tentang cara merealisasikan sebuah skrip film ke dalam layar.

img_9795

Jon Kuyper, Mira Lesmana, dan Haykal Kamil saat workshop | Kemas Fauzan

Jon Kuyper sempat memuji industri perfilman Indonesia yang semakin berjalan baik dan mampu menyentuh pasar internasional. Jon juga berbagi ‘kisah’ dan pengalamannya tentang skrip yang baik untuk diproduksi menjadi sebuah film.

“Film Indonesia semakin seru dan berkembang industrinya. Tapi para penulis skrip dan produser film di sini harus lebih berani dan lebih liar lagi dalam membuat suatu karya. Jangan hanya bergantung pada pasar,” ujar Jon Kuyper.

image_6483441-2

Jon Kuyper dan Mira Lesmana berbincang sambil bercanda saat workshop | Kemas Fauzan

Di sesi kedua, Mira Lesmana bersama Jon Kuyper membahas tentang bagaimana berimprovisasi dalam proses kreatif. Turut duduk pula bersama mereka yaitu Haykal Kamil yang menjadi moderator dalam workshop tersebut.

Sponsored Links

“Dengan adanya workshop film seperti ini, serta asosiasi para pekerja film dapat membantu para darah muda yang masih segar untuk terjun dalam industri perfilman yang skala nya lebih besar,” ujar Mira Lesmana.

Bagi ICAD 2018 sendiri, adanya workshop film sebagai bagian dari rangkaian acara pameran ICAD 2018 merupakan bentuk semangat bersama dari seluruh kreator   yang ada untuk membangun dan mendorong industri kreatif Indonesia agar siap bersanding dengan pasar Internasional.