Terkini

Formasi Baru Pemerintah, Apa Saja yang Berubah?

Demi Indonesia yang lebih baik di bawah kepemimpinannya serta ingin berjalannya jargon Revolusi Mental, Presiden Joko Widodo akhirnya melakukan perombakan kabinet atau reshuffle di Istana Kepresidenan, Rabu (27/7/2016). Reshuffle kabinet ini merupakan yang kedua kalinya selama Jokowi-JK menjabat.

Setelah banyaknya spekulasi dan isu terkait reshuffle di kabinet selama beberapa waktu terakhir, Jokowi akhirnya mengumumkan hal tersebut kepada publik. Sebelum mengumumkan daftar nama menteri yang akan bekerja bersamanya di pemerintahan, Jokowi menjelaskan terlebih dahulu kondisi yang sedang dialami Indonesia dan bagaimana cara memperbaiki dan melakukan perubahan terhadap hal itu.

Didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jokowi memperkenalkan para menteri terbarunya kepada awak media di Istana Kepresidenan.

Berikut daftar nama menteri baru tersebut:

1.       Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, menggantikan Luhut Binsar Panjaitan

2.       Menteri Keuangan Sri Mulyani, menggantikan Bambang Brodjonegoro

3.       Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo, menggantikan Marwan Jafar

Sponsored Links

4.       Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menggantikan Ignasius Jonan

5.       Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, menggantikan Anies Baswedan

6.       Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, menggantikan Thomas Lembong

7.       Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, menggantikan Saleh Husin

8.       Menteri ESDM Archandra Tahar, menggantikan Sudirman Said

9.       Menteri PAN dan RB Asman Abnur, menggantikan Yuddy Chrisnandi

10.   Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan, menggantikan Rizal Ramli

11.   Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, menggantikan Ferry Mursyidan Baldan.

12.   Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, menggantikan Franky Sibarani

13. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, menggantikan Sofyan Djalil

Itulah ke-13 daftar nama menteri baru yang akan mengisi Kabinet Kerja jilid II, sebagian menteri ada yang hanya bergeser posisi ke bidang yang lain. Meskipun begitu reshuffle ini menuai banyak komentar dari masyarakat, hal itu terlihat dari banjirnya lini masa di sosial media terkait hal ini.

Komentarnya pun beragam, ada yang menyayangkan dicopotnya Mendikbud Anies Baswedan, seperti ditulis akun @mauliawandodi “In my honest opinion, Pak @jokowi should've replace Ibu Puan instead of Pak Anies in Indonesian latest #reshuffle”, lalu ada juga akun @rithmaespinoza yang menuliskan “menteri di reshuffle, mau nanya Puan Maharani prestasinya apa ya? kok bisa aman,”.

Tapi sebagian netizen juga ada yang merasa senang dengan kembalinya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani yang sebelumnya menjabat sebagai direktur bank dunia dianggap punya kemampuan dan prestasi yang mumpuni untuk menggenjot ekonomi Indonesia yang sedang lesu.