Gadget

Fujifilm X-E3, Keluarga Baru Mirrorless yang Makin Sempurna

Ambisi Fujifilm untuk menguasai segmen kamera mirrorless makin terlihat. Fujifilm baru saja mengeluarkan seri terbaru dari seri X-E, yakni Fujifilm X-E3. Berbagai pembaharuan pun disematkan dalam kamera canggih ini.

Fujifilm X-E3 menjadi penerus dari X-e2s yang meluncur pada 2016, kamera mirrorless ini masuk dalam kategori menengah yang diposisikan di bawah Fujifilm ber-genre sama, yakni X-Pro2. Fujifilm X-E3 dan X-Pro2 banyak yang menyebutnya sejenis, mungkin karena posisi view finder di sisi kiri bodi dan desain dudukan lampu flash yang rata di bagian atas, alias tidak ada tonjolan seperti seri X-T.

Fujifilm X-E3 ditanamkan sensor X-Trans CMOS III beresolusi 24,3 MP dan prosesor gambar X Processor Pro. Prosesor tersebut juga digunakan pada seri X-T2 dan X-Pro2, prosesor ini diklaim 4x lipat lebih cepat dari sebelumnya. Fujifilm X-E3 pun memiliki penambahan kualitas baik dari segi desain maupun fitur yang cukup signifikan dibandingkan sang kakak X-E2s.

fujifilm-x-e3a

Fujifilm X-E3 dengan layar touchscreen | Dok. Fujifilm

Selain itu, X-E3 juga telah menggunakan layar LCD touchscreen selebar 3 inci, fixed (1,04 juta titik) di mana fitur ini membuat Fujifilm X-E3 tak lagi memiliki tombol D-Pad di sisi layarnya. Kapasitas ISO pada X-E3 mencapai 51.200 sehingga aman di tempat minim cahaya. Lalu fitur autofokusnya sudah Phase detection & contrast detection dengan titik fokus sebanyak 325 area. Kecepatan menembak continous sebanyak 14 fps untuk shutter elektronik dan 8 fps untuk shutter mekanik. Selain itu format perekaman videonya sudah beresolusi 4K berkecapatan 30fps dan Full HD berkecepatan 60fps.

Layar monitor 3 inci pada X-E3 menggunakan panel touchscreen statis yang mendukung kemampuan Touch Shot, Touch AF, dan Focus Area Selection. Artinya, pengguna bisa memilih fokus hanya dengan menekan area di layar saat pembingkaian gambar.

fujifilm-x-e3c

Dua varian warna Fujifilm X-E3 | Dok. Istimewa

Konektivitas WiFi, Bluetooth LE dan USB 2.0 juga sudah disematkan dalam Fujifilm X-E3. Dimensi yang dimilikinya cukup ringkas, yakni dengan panjang 121,3 x tinggi 73,9 x lebar 42,7mm, serta bobotnya hanya 287 gram.

Fujifilm X-E3 dibanderol seharga US$ 899 dollar AS untuk body only atau sekitar Rp 12 juta. Fujifilm X-E3 tersedia dengan dua varian warna, yakni Silver & Black dan Full Black. Fujifilm sendiri memang sudah diketahui menjadi produsen kamera mirrorles yang masuk dalam tiga besar. Meski baru bermain di pasar mirrorless pada tahun 2011, namun Fujifilm dengan cepat merebut hati para pencinta fotografi karena kameranya yang inovatif dengan model lawas.