Gadget

Fujifilm X-T100, Mirrorless Pro Dengan Harga Terjangkau

Fujifilm kembali menambah lini produknya, produsen kamera asal Jepang ini mengeluarkan seri pro terbaru, yakni Fujifilm X-T100. Mengusung nama X-T tentu membuat kamera ini masuk dalam deretan seri mirrorless pro Fujifilm dengan spesifikasi mumpuni.

Kamera X-T 100 dilengkapi sensor APS-C 24 megapiksel dengan filter Bayer pada kamera. Untuk proses pemrosesan gambarnya sendiri X-T100 menggunakan high speed imaging processor. Fujifilm menanamkan sistem Intelligent Hybrid AF untuk meleluasakan pengguna menangkap momen instan, lalu SR+ Auto  Mode yang dikombinasikan dengan teknologi pengenal subjek dan gambar layar sentuh berukuran 3 inci LCD dapat diputar secara vertikal maupun horizontal.

Untuk urusan desain, bodi X-T100 memiliki kemiripan dengan Fufifilm X-T20. Bentuk yang retro dan stylish menjadikan seri ini tampil lebih segar. Meskipun memiliki kemiripan dengan X-T20, namun ada beberapa hal yang tak dimiliki oleh X-T 100. Seperti minus grip atau pegangan yang biasanya berupa tonjolan di bagian pinggir. Lalu spesifikasinya yang tak menggunakan sensor X-trans dan X-Processor Pro juga menjadi perbedaan mencolok X-T100 dengan seri pro lainnya.

fujifilm-x-t100b

Varian warna Fujifilm X-T100 | Dok. Fujifilm

Fujifilm menambahkan teknologi Bluetooth minim energy pada X-T100. Ini untuk mempermudah dan mempercepat proses pemindahan gambar ke ponsel atau yang lainnya. Fitur ini bahkan membuat kamera mampu memindahkan pada saat mode foto, sehingga dapat dipindahkan secara bersamaan. Fitur ini paling berbeda dari mirrorless lainnya yang mengandalkan wi-fi untuk mentransfer gambar.

Fujifilm sendiri membanderol kamera ini dengan harga yang cukup terjangkau. X-T 100 dibanderol Rp 8,4 juta untuk pembelian body only. Sedangkan paket bodi dengan lensa XC 15-45mm F35-5.6 dibanderol US$ 699 atau setara Rp 9,9 juta.