Kuliner

Berburu Seporsi Gabus Pucung yang Mulai Langka

Soal kuliner Betawi, sejauh mana kalian tau bro? Kerak telur, Ketoprak, atau Gado-Gado yang umum ditemui dan jadi sajian favorit kalian ?

Mumpung dalam moment HUT DKI Jakarta ke 492 di tahun ini, banyak bidang usaha food and beverage dan pariwisata di wilayah Jakarta yang menampilkan beragam kesenian dan kuliner Betawi. Yuk berburu kuliner Betawi!

Karena mulai Juni hingga Agustus tepat sekali nih bro untuk semakin mengenal budaya dan kuliner khas Jakarta yang sebagian keberadaannya sudah jarang kita temui, bahkan langka.

img_20190621_155203-620x424

Dari sekian banyak hotel berbintang di Jakarta, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center, Jakarta, ikut meramaikan HUT DKI Jakarta dengan menghadirkan kebudayaan Betawi di tanggal 22 Juni lalu, berupa kegiatan melukis Ondel-ondel “Betawi on the Canvas” bersama Kala Art yang dihadiri komunitas dan awak media.

Bukan hanya itu, untuk pecinta kuliner, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center juga menyajikan tiga sajian Betawi selama bulan Juli hingga Agustus 2019 di Canary Coffee Shop. Berupa Gabus Pucung, Soto Betawi Enyak dan Es Mpok Maya sebutan untuk Es Selandang Mayang versi hotel tersebut.

img_20190701_143118-620x424

Dari ketiga menu yang tampil, sajian Betawi yang nikmat namun sudah jarang ditemui adalah Gabus Pucung. Lanang pun memanfaatkan kesempatan moment HUT DKI tahun ini untuk mencoba mencicipi kelezatan sajian berkuah hitam pekat di hotel tersebut. 

Bagi kalian yang akan mencoba perdana, jangan lihat dari tampilannya ya bro. Kuah berwarna hitam yang merendam potongan daging ikan gabus di dalam mangkuk, secara visual memang tidak menarik. But, don’ t judge a book by it’s cover ... Coba dulu deh!

Seporsi Gabus Pucung di sini menggunakan satu buah ikan gabus berukuran sedang yang dipotong menjadi tiga bagian yang lumayan cukup untuk 2 orang. Dalam penyajiannya, dilengkapi nasi hangat bertabur bawang goreng dan emping.

dsc07778-620x424

Untuk menyantapnya, sobek potongan daging ikan gabus dengan bantuan garpu, rendam atau nikmati bersama kuah. Dijamin lembutnya daging ikan gabus tanpa amis terasa mantab bro, karena diselimuti rasa rempah dari beragam bumbu dapur yang teracik dalam kuahnya. 

Ada tambahan bahan isi yang melengkapi kenikmatan seporsi gabus pucung racikan dapur Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center, seperti potongan tomat merah, daun bawang, cabai rawit merah, daun jeruk goreng, dan bawang merah goreng.

Menurut Chef Djoko Hendrasto, Executive Chef Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center yang meraciknya, resepnya menggunakan referensi dapur Betawi Jakarta Selatan yang banyak menggunakan bumbu dan rempah dalam kuahnya. Selain itu, potongan ikan gabus digoreng terlebih dahulu hingga bagian kulit sedikit kering sehingga tidak hancur.

Tekstur lembut bagian daging yang menyerap kuah berbumbu pekat membuat Lanang lahap menyantapnya.

dsc07733-620x424

Sesuap sajian ini memang terasa kental rempah, mulai dari rasa hingga aroma. Saat disantap, tercecap jejak rempah di indra pengecap seperti jahe, daun jeruk, serai, serta rasa kluwek yang khas dan gurih. Komposisi bahan yang pas. Dijamin kalian juga pasti suka. Tapi tetap berhati-hati dengan kandungan duri diantara dagingnya ya bro.

dsc07750-620x424

Selain di Canary Coffee Shop, k alian juga bisa memesan sajian Gabus Pucung atau Soto Betawi dan hidangan penutup yang segar berupa segelas Es Mpok Maya saat meeting di Momiji Lounge. Lounge di lantai 1 Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center yang baru saja dibuka untuk umum. Nyaman bro!