Terkini

George Weah, Dari Striker Jadi Presiden

Sepertinya politik memang milik semua orang, termasuk jabatan yang ada di dalamnya. Mungkin memang dalam beberapa hal kita masih meragukan orang-orang yang terjun ke dalam dunia politik dengan latar belakang yang jauh berbeda, artis misalnya, jika di Indonesia.

Tapi dalam ulasan ini kita bukan membahas politik, tapi membahas fenomena orang yang sukses di politik meski dari latar yang berbeda. Misalnya saja, Presiden Amerika Serikat ke-40 Ronald Reagan yang sebelumnya adalah aktor film. Lalu ada juga Arnold Schwarzenegger yang identik dengan The Terminator dan sukses menjadi Gubernur California atau Petinju Manny Pacquiao yang sukses menjadi anggota legislatif Filipina.

Istilah “banting setir” sebetulnya tak masalah selama yang menjalani profesional dan memberikan hasil nyata. Dan fenomena ini semakin dikuatkan dengan kemenangan seorang legenda sepak bola AC Milan, yakni George Weah. Sang legenda berhasil menjadi Presiden Terpilih di pemilu Liberia.

Kesaktian George Weah dalam menempelkan bola di kaki dan menerobos kiper lawan pada masa jayanya tak perlu diragukan lagi. Kesaktian tersebut pun mengantarkan Weah meraih Ballon d’Or pada tahun 1995. Dan dia menjadi pemain Afrika pertama yang meraih penghargaan   tersebut.

george-weah2

George Weah saat memberikan suara dalam pemilu | Dok. Marca

Ternyata kelihaiannya saat menjadi pemain bola juga bisa dibawanya dalam dunia politik. George Weah yang beberapa waktu lalu mendaftar pemilihan presiden Liberia berhasil meraih kemenangan di 11 negara bagian dari total 15 negara bagian.

Pria kelahiran Monrovia, Liberia pada 1 Oktober 1966 ini, memiliki nama lengkap George Manneh Oppong Ousman Weah. Ia menjadi pesepak bola pertama yang berhasil menjadi presiden. Ia terbukti mampu mengungguli 20 kandidat lainnya termasuk Wakil Presiden Liberia saat ini Joseph Boakai.

Mungkin saja George Weah belajar dari sang pemilik AC Milan Silvio Berlusconi yang sukses menjadi Perdana Menteri Italia sebanyak dua kali. Tapi keberhasilan George Weah bukan karena popularitas instan semata, ia bernah kalah berkali-kali sebelumnya akhirnya menang pemilu. Dia membentuk Kongres untuk Perubahan Demokrasi setelah melihat perang sipil pecah di negaranya. Hal itu pun menjadikan dia idola tokoh politik anak muda di Liberia bahkan Afrika.

Kini Weah hanya tinggal menunggu satu langkah lagi agar bisa menjadi presiden dan membawa perubahan untuk negaranya. Meskipun informasinya sudah menyebar luas, namun komisi pemilu Liberia belum memberikan keterangan secara resmi. Selamat untu George Weah, semoga bisa membawa perubahan untuk Liberia.

ARTIKEL TERKAIT