Launching

Gerakan Sociopreneurship Lewat Secangkir Semangat

Produsen kopi Kapal Api bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dengan memperkenalkan gerakan wirausaha sosial (Sociopreneurship) Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu di Menteng, Jakarta, Senin (14/05/2018). Melalui program ini para peserta akan mendapatkan mentoring seputar pengembangan ide, model bisnis, manajemen proyek, pembuatan prototype, kegiatan pemasaran, fasilitasi transaksi, serta pelibatan masyarakat.

Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu akan diisi sejumlah kegiatan seperti temu mentor dan jejaring melalui Ruang Semangat di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Semarang.  Selain itu masih ada rangkaian acara seperti sesi berbagi di kampus-kampus terpilih, workshop keterampilan, kesempatan magang, sesi pameran, demonstrasi, unjuk produk dan jasa kepada konsumen/publik umum, serta kegiatan puncak dengan konferensi Sociopreneurship. 

Kepala BEKRAF Triawan Munaf mengakui program ini merupakan hal yang sangat bagus untuk meminimalisir anak muda terjerumus dalam kegiatan-kegiatan negatif bahkan merugikan. Menurutnya potensi kekuatan ekonomi Indonesia yang merupakan terbesar ke-8 di dunia bisa semakin terdorong dengan kebangkitan Sociopreneurship dan menjadi salah satu solusi bagi persoalan sosial-ekonomi di Indonesia.

kapal-api2

Para Dewan Juri dan Mentor Sociopreneurship Kapal Api | Andika Aditia

"Peristiwa-peristiwa tak manusiawi seperti ledakan bom baru-baru ini bisa kita redam dengan program semacam ini (Sociopreneurship) agar anak-anak muda diberdayakan secara maksimal ke dalam kegiatan yang positif dan berdampak besar," ucap Triawan Munaf.

"Bekraf ingin lebih banyak program seperti ini, harus ada partisipasi dari pihak-pihak besar yang membantu berjalannya program serupa," tambah Triawan Munaf.

Paulus Immanuel Nugroho selaku Direktur PT Santos Jaya Abadi yang menaungi Kapal Api menegaskan jika program ini sesuai dengan nilai-nilai yanh dipegang teguh oleh Kapal Api selama ini. "Program ini selaras dengan nilai-nilai luhur Kapal Api yaitu, penghargaan terhadap semangat hidup, bangga dan setia pada solidaritas sosial. Sebagai produsen kopi terkemuka Indonesia, Kapal Api berkomitmen mendukung pertumbuhan Sociopreneurship dengan memberdayakan Pemuda Indonesia dalam mewujudkan mimpi sekaligus menciptakan dampak positif sosial-ekonomi, melalui program inspiratif yang aplikatif dan berkelanjutan."

Kompetisi ini sendiri akan diisi oleh dewan juri dan mentor seperti Yoris Sebastian Nisiho dan Helga Angelina. Para peserta diutamakan merupakan anak muda berusia 20 hingga 35 tahun, bagi sobat lanang yang ingin mengikuti program ini bisa langsung mengakses  www.secangkirsemangat.id untuk pendaftaran lebih lanjut.