Terkini

Go Digital Bersama Kota Kudus Untuk Indonesia

Teknologi tak hanya memudahkan hidup kita, tapi juga mengembangkan segala macam aspek dari segi ekonomi. Melihat hal itu Kabupaten Kudus dengan gencar menggenjot program UKM Go Digital untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakatnya.

Bertempat di Pasar Blok B Tanah Abang, Jakarta, 17-20 November 2016, Pemerintah Kabupaten Kudus menggelar Kudus Trade Show yang merupakan salah satu bentuk pengenalan UKM Kudus ke daerah luas terutama pengenalan via ranah digital.

kudus3

Tarian Kretek Tradisional khas Kudus menghiasi acara Kudus Trade Show 2016 | Andika Aditia

Sponsored Links

Kabupaten Kudus yang memiliki filosofi GUSJIGANG (Bagus, Ngaji dan Dagang) merasa hal ini adalah momentum yang tepat dan sesuai dengan apa yang menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Kudus. Jika dilihat dari perspektif ekonomi GUSJIGANG bisa diartikan sebagai sebuah semangat kebersamaan yang mengedepankan kewirausahaan.

kudus1

Kadin Perdagangan & Pengelolaan Pasar Kab. Kudus Dra. Sudiharti (kiri) dan pengrajin kebaya | Andika Aditia

Program ini dianggap dapat mempercepat capaian target Indonesia soal ekonomi digital, di mana pada tahun 2020, Indonesia akan mencetak 1.000 digital technopreneur, 1 juta petani dan nelayan go digital serta 8 juta UKM go digital.

Nantinya diharapkan para pelaku UKM dapat mengembangkan strategi pemasaran dari konvensional ke internet. Hal itu pun telah dibuktikan oleh Kudus dengan adanya Kampung Digital, di Desa Padurenan, Gebog, Kudus, Jawa Tengah.