Sosok

Harmoni Dawai Taman Suropati

Akhir pekan identik dengan santai, liburan dan menghabiskan waktu dengan cara yang menyenangkan. Dan bermain musik adalah salah satu cara menghabiskan akhir pekan dengan produktif, seperti Komunitas Taman Suropati Chamber.

Komunitas yang sudah ada sejak 9 tahun lalu ini mengisi waktu dengan bermain Biola dan Selo di Taman Suropati, Menteng, Jakarta. Lanang Indonesia berkesempatan untuk bermain musik bersama komunitas ini pada hari Minggu, 31 Januari 2016 lalu.

Sponsored Links

Meski didominasi remaja, tapi kelebihan komunitas ini adalah lintas umur dengan beragam latar belakang. Tiap akhir pekan komunitas beranggotakan 80 orang ini mengalunkan dawainya bersama disini.

Kegiatan yang dimulai pada pukul setengah sembilan pagi sampai pukul tiga sore ini diisi dengan beberapa kegiatan seperti pemanasan bermain musik bersama kemudian pembagian metode pembelajaran menurut kelas-kelasnya. Seperti kelas bibit untuk pemula dan ada kelas ranting, batang, akar untuk kelas berikutnya.

Taman Suropati Chamber, dibawah pimpinan Ages Dwiharso, seorang seniman musik, merupakan komunitas musik yang peduli terhadap musik bangsa. Komunitas ini juga menyerukan untuk membangun jati diri bangsa dengan mencintai dan melestarikan lagu-lagu daerah yang sebenarnya banyak dan tidak kalah kualitasnya dengan lagu-lagu tradisional dari Negara lain di seluruh dunia.