Tekno Otomotif

Honda All New CBR150R Siap Hajar R15

Pertarungan motor sport ringan Indonesia akan semakin memanas. Kelas 150 cc yang merupakan salah satu pasar seksi ini perlahan tapi pasti mulai bergeliat beberapa tahun belakangan. Indikasi tersebut bisa dilihat dari upgrade Honda pada salah satu variannya CBR150R.

Setelah sebelum kehadiran Yamaha YZF-R15, CBR150R bisa bermain bebas di kelas ini. Namun peta perang berubah ketika R15 hadir di Indonesia. Serta merta Honda melokalkan produksi CBR150R agar mendapatkan komposisi harga kompetitif dan pada tanggal 14 Februari 2016, Honda meluncurkan versi upgrade CBR150R.

Berlokasi di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Honda membawa dua pembalap MotoGP mereka, Marc Marquez dan Dani Pedrosa untuk meluncurkan sang sport ringan.

Akan mulai dijual awal Maret nanti CBR150R ini dibanderol dengan harga Rp32,5 juta untuk striping standarnya dan Rp33,3 juta untuk versi striping iklan Repsol. Salah satu anomali dalam dunia sepeda motor, entah kenapa ketika sebuah motor yang dipasangi iklan harus dibeli dengan harga lebih mahal dibandingkan versi standar.

Kembali ke CBR150R, pabrikan mengklaim jika tenaga CBR150R lebih baik dari pendahulunya. Dilengkapi dengan chassis yang lebih ringan motor yang punya power masksimal 17,1 HP ini diklaim memiliki akselerasi yang lebih mumpuni.

Paling menarik adalah desain, bagian ini benar-benar berubah total dari versi lamanya. Dengan lampu utama, sein, lampu rem LED ditambah panel speedometer yang full digital, CBR150R dijamin akan membuat banyak orang jatuh hati. Tapi seperti yang biasa dilakukan pabrikan sekarang, desainnya yang mencaplok mentah-mentah kakaknya mungkin akan sedikit mengganggu prestise dari CBR500R.

Terlepas dari kurang lebihnya varian ini, yang pasti R15 mungkin akan babak belur menghadapi CBR150R. Seperti apa langkah Yamaha berikutnya?