Motor-mobil

Honda CRF 150, Calon Lawan Kuat KLX

Kesuksesan Kawasaki bermain di pasar-pasar sepi memang sudah tak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah berhasilnya mereka menghidupkan dunia off-road roda dua bersama keluarga KLX. Tapi tampaknya tak lama lagi mereka harus bersiap menghadapi Honda yang akan mencoba masuk dengan CRF 150.

Belum ada desain yang secara resmi dirilis oleh Honda untuk produk ini. Masih diperkenalkan melalui event-event dengan desain konsep, namun sudah terlihat jelas desain utama CRF 150 ini akan seperti apa.

Jika melihat bentuk crankcase jelas CRF 150 akan mengusung mesin GL15 yang dipakai oleh varian New Mega Pro dan Verza. Hanya saja soal sistem suplai bahan bakarnya akan menggunakan injeksi atau karburator masih menjadi tanda tanya. Mungkin secara teknologi cukup tertinggal, tapi dari sisi output mesin tentunya akan lebih fleksibel jika CRF 150 menggunakan karburator.

Jika kalian membayangkan mesin GL15 pada Verza dan Mega Pro tentu akan meragukan untuk spesifikasi CRF 150. Jangan takut tidak bisa wheelie, karena kemungkinan besar CRF 150 pasti akan dipersenjatai dengan gear set yang lebih enteng.

Bandingkan torsi mesin GL15 yang bisa mencapai 12,3 Nm, beda tipis dengan KLX yang menyentuh 11,3 Nm pada putaran mesin identik 6.500 rpm. Tinggal kita lihat saja berapa bobot CRF 150 nanti. Jika bisa lebih ringan dari KLX tentunya motor ini akan menjadi juara spek di atas kertas.

Lari ke soal desain, kalau memang secara garis besar tidak banyak berubah dari versi teaser yang dipamerkan Honda, tentu desain CRF 150 sudah benar-benar manis untuk motor off-road. Yang pasti jika shock depan tetap menganut upside down, dua jempol akan kami berikan kepada Honda.

Menurut kami, ya motor ini bisa akan dengan mudah mengganggu hegemoni KLX 150 di dunia off-road roda dua tanah air. Tinggal bagaimana Honda akan meramu formula banderolnya nanti.

Andai Honda bisa bermain di angka 31-33 juta saja sudah sangat cukup untuk merecoki pasar KLX. Efek positifnya bagi kita adalah bertambahnya pilihan varian off-road. Bosan dong lihat pasar lokal hanya dikuasai satu brand?