Motor-mobil

Honda Cross Cub, Bebek Legendaris yang Kembali Mengaspal

Kesuksesan bebek legendaris Honda Cub, membuat pihak Honda kembali menghadirkan motor ini di pasaran. Honda Cub sendiri selama perjalanannya sudah mengalami banyak perubahan mulai dari bentuk sama nama. Untuk memperingati kehadirannya yang sudah hampir menginjak angka 60 tahun, Honda kembali menghadirkan Cub dengan gaya yang lebih kekinian namun tetap otentik.

Diberi nama Honda Cross Cub, motor bebek ini sedikit tampil lebih gahar dengan penutup knalpot krom bergaya scrambler yang makin mempertegas tampilan motor ini. Penutup fairing dan fork depan yang dilepas tetap diusung untuk mempertahankan DNA Honda Cub. Motor yang resmi diperkenalkan pada akhir tahun 2017 ini akan segera dijual secara resmi di Jepang.

Dikutip dari Visordown, Kamis (8/2/2018), Honda Cross Cub ini akan dilengkapi dengan lampu LED. Lalu menggendong mesin satu silinder berpendingin udara dengan kapasitas 110 dan 50 cc. Honda Cross Cub 110 dan 50 akan terlihat perbedaannya dari ukuran roda. Untuk versi 110, mengusung ban semi off-road berukuran 110 dengan pelek 17 inci. Sedangkan versi 50, mengusung ban berukuran 110 dengan pelek 14 inci yang biasa digunakan untuk jalan-jalan perkotaan.

Lalu bagaimana dengan tenaganya? Honda Cross Cub 110 mampu memuntahkan power hingga 6 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi 8,5 Nm pada 5.550 rpm. Sedangkan versi 50 cc, mampu memuntahkan tenaga hingga 3,5 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi 3,8 Nm pada 5.500 rpm.

honda-cross-cub2

Honda Cross Cub 50 | Dok. Honda

Untuk urusan suspensi, Honda Cross Cub hadir dengan suspensi teleskopik di depan, serta shock absorber ganda di buritan belakang, dan jok single yang ditambahkan kursi penumpang berbentuk kotak. Untuk sistem pengeramnnya, Honda Cross Cub masih cukup mengecewakan, di mana kedua remnya masih menggunakan tromol. Namun sistem pembakarannya telah menggunakan teknologi injeksi, dijamin irit bukan main.

Pihak Honda membanderol motor ini seharga 232,2 ribu yen atau sekitar Rp 29 juta untuk Cub 50 cc dan Cub 110 dibanderol seharga 275,4 ribu yen atau sekitar Rp 34 juta. Tapi harga tersebut merupakan banderolan di negeri Samurai, belum diketahui berapa harganya jika dipasarkan di Indonesia.

Salah satu terobosan yang membuat Honda Cub siap kembali Berjaya di masa depan. adalah dengan hadirnya Honda EV-Cub. Motor ini merupakan salah satu jenis dari Cub yang sudah mengusung motor bertenaga listrik bertampang klasik. Motor yang sudah banyak dipamerkan termasuk Indonesia ini rencananya akan hadir pada tahun 2018. Kita nantikan saja bro!