Gaya Hidup

Ibu Pertiwi, Imaji Reza Rahadian di ICAD 2017

Pernah terpikirkan untuk sesekali mengingat bagaimana kita hidup di atas bumi ini? Jika kita menikmati sebuah karya Reza Rahadian yang berjudul “Ibu Pertiwi” di Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2017 nuansa kontemplasi itu akan hadir seketika.

Ya, sebuah imaji yang disajikan Reza melalui media elektronik ini menggambarkan sebuah janin bayi manusia yang berarti manusia itu sendiri, dan di atasnya ada tumbuhan dengan akar yang masuk ke dalam janin sebagai interpretasi bumi.

reza2-620x424

Melalui karya ini Reza ingin memberikan pesan bahwa kita sebagai manusia sering kali lupa akan siapa yang menyediakan semua kehidupan yang bisa kita nikmati sekarang, yaitu bumi.

“Sebenarnya sederhana sekali pesannya, saya ingin menyampaikan bahwa kita sebagai manusia we actually feed by the earth. Jadi kita sering kali menikmati apa yang disediakan bumi bahkan terus mengambilnya hingga kita lupa bahwa suatu saat pasti akan ada batasnya,” ungkapnya kepada Lanang Indonesia.

Mendapatkan inspirasi secara acak dari kesadarannya akan terlalu banyaknya manusia yang memikirkan urusan dengan manusia lainnya.

reza3-620x424

“Karena sebenarnya kita sebagai manusia punya hubungan lain yang juga sangat penting untuk dipelihara. Yaitu hubungan kita dengan alam semesta,” lanjut pria yang membutuhkan waktu tiga minggu untuk menyelesaikan karyanya ini.

Karya Reza yang masuk ke dalam Special Appearance di antara ICAD 2017 ini bisa kita nikmati di antara karya-karya dari 50 seniman lainnya hingga 15 November mendatang di GrandKemang Hotel Jakarta.