News

Indonesia Di Salone del Mobile Milano 2018

Industri kreatif Indonesia kembali mendapat tempat di dunia internasional. Kali ini talenta dan industri kreatif Indonesia akan memamerkan karya rancangannya di Salone del Mobile Milano 2018. Acara ini akan dilangsungkan di Milan, Italia, pada 17-22 April 2018.

BEKRAF sebagai lembaga yang menaungi industri kreatif mendukung penuh para insan kreatif tanah air untuk terlibat di even industri desain paling bergengsi di dunia ini. Ini merupakan kedua kalinya Indonesia tampil di Salone Mobule Milano setelah tahun lalu ikut terlibat.

Pada tahun ini Indonesia berhasil mendapatkan stan di RHO Fiera Milano, episentrum dari Salone del Mobile 2018. Selain itu pada tahun ini Salone del Mobile juga dihelat bersamaan dengan Tortona Design Week, Milano Design Week, Triennale Di Milano dan Ventura Lambrate & Ventura Centrale. Hal ini akan memungkinkan pengunjung semakin banyak yang datang, dan akan semakin meningkatkan peluang produk Indonesia semakin dilihat dunia.

Seperti diketahui kinerja ekonomi kreatif di Indonesia terus mengalami kenaikan dan memberi efek positif terhadap perekonomian Indonesia. Di tahun 2015 saja pendapatan dari ekonomi kreatif mencapai Rp 852,56 triliun dan meningkat di tahun 2016 mencapai Rp 922,58 triliun dengan nilai kontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 7,44%.

Target Indonesia di ajang ini adalah membawa produk kreatif Indonesia ke ranah global dengan membawa investor dan menjalin kerjasama serta pasar internasional. Dalam hal ini BEKRAF akan membantu untuk mempromosikan produk dan jasa kreatif Indonesia.

Karya dan produk para insan kreatif Indonesia yang telah terkurasi akan dipamerkan di Paviliun Indonesia “IDentities” di Salone del Mobile, dengan tema Global Creative Resources. Karya-karya yang akan ditampilkan akan didominasi dari inspirasi alam tropis dan keragaman budaya Nusantara.

Kiprah Indonesia dalam dunia kreatif global memang sudah semakin menunjukkan prestasi yang mengagumkan. Hanya saja seringkali tak terpublikasi dengan baik, bahkan terkadang tak terapresiasi dengan seharusnya.

 

Acara Salone del Mobile bisa dibilang akan membangkitkan gairah industri kreatif Indonesia, mengingat acara ini dihadiri sekitar 363 ribu pengunjung dari 165 negara. Salone del Mobile sendiri mulai ada sejak tahun 1961 dan berkembang menjadi even furnitur, dekorasi dan mebel terbesar.