Karier

Ini Alasan Kenapa Pendidikan Sangat Penting

Sudah sejak lama manusia mengenal sistem pendidikan dan mengembangkannya ke dalam bidang masing-masing yang lebih spesifik. Pendidikan bukanlah hanya soal tanya jawab dari ruangan yang diisi oleh pelajar dan pengajar, melainkan proses perubahan untuk membentuk kepribadian lebih matang.

Menurut Erna MS, M.Sos, seorang dosen sekaligus konsultan komunikasi, mengatakan jika pendidikan adalah tombak kemajuan zaman di mana kedinamisannya tergantung pada diri kita masing-masing. Selain itu ada beberapa hal lain yang membuat kenapa pendidikan itu penting.

Sponsored Links

Kepribadian

Meski bukan satu-satunya penentu, namun pendidikan punya kontribusi besar dalam membentuk kepribadian kita. Mulai dari pola pikir, cara bersikap dan bertindak sedikit banyaknya dipengaruhi dari apa yang kita dapatkan dari pendidikan.

Memegang teguh etika, optimis, percaya diri dan berpikir positif biasanya dimiliki oleh orang yang punya pendidikan baik. Tapi dengan catatan jika kita menghayati nilai-nilai pendidikan itu dengan baik, bukan hanya sekedar formalitas untuk menjalani jenjang pendidikan.

Perbaiki Generasi

Makin baiknya tingkat pendidikan terhadap suatu generasi maka akan lebih baik pula masa depannya. Hal ini pula yang akan menjadi pembeda perkembangan tiap generasi dan kemajuannya yang dibuat, misalnya dalam hal teknologi.

Hal itu juga akan semakin mengembangkan generasi berikutnya karena setiap pribadi akan menjadi orang tua dan akan mendidik anak-anaknya untuk menjadi lebih baik dalam hal pengetahuan, cara bersosialisasi dan menjalani hidup.

Modal

Pendidikan yang telah kita tempuh memang tak bisa diuangkan kembali, namun dari situ kita bisa mengembangkan banyak hal untuk meraih kemapanan dalam hidup. Selain itu, pendidikan juga bisa menjadi modal untuk bersaing dalam berkarya dan bekerja. Meski pendidikan tak menjamin seseorang akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, tapi pengaruh pendidikan terhadap kesempatan dan peluang kerja juga tidak bisa dipungkiri.

Mendapatkan pendidikan tidaklah harus selalu di lembaga formal. Jadi jangan pernah jadikan segala kendala sebagai tembok pembatas untuk mengenyam pendidikan. Karena belajar itu bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Menuntut ilmu juga bukanlah hanya sebatas di ruangan kelas atau lembaran buku, tapi juga melalui proses hidup yang panjang.