Kuliner

Inovasi Kecap Bango Gunakan Pemanis "Stevia"

Sepertinya di setiap sajian yang kita makan ataupun di warung makan, selalu ada kecap manis. Benar gak bro? Kecap manis memang menjadi favorit setiap orang sebagai pelengkap bersantap makanan Indonesia, mulai dari soto, mie ayam, sampai untuk sambal cocolan tempe goreng.

Sayangnya, kandungan gula yang tinggi dalam kecap manis kadang tidak direkomendasikan untuk mereka yang menderita diabetes maupun hipertensi.

Demi mendukung hadirnya bahan makanan yang sehat, di usia 90 tahun ini, Kecap Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk. berinovasi dalam membuat kecap dengan kandungan gula yang rendah.

DSC08589

Adalah Bango Light, produk kecap inovasi terbaru yang mulai resmi dipasarkan kemarin (8/3/17), memiliki kandungan gula 30% lebih rendah dibanding kecap lainnya. Untuk menekan komposisi gula, Bango Light menggunakan ekstrak pemanis alami dari daun stevia.

 

“Proses pembuatan Bango Light tidak jauh berbeda dengan kecap manis Bango lainnya, mulai dari pemilihan bahan baku berkualitas, menggunakan kedelai hitam Mallika hingga proses mengasilkan produk jadi kecap manis. Hanya pada pemanis, kami menggunakan komposisi ekstrak daun stevia dengan out put   manis gurih yang tidak jauh berbeda,” jelas Hernie Raharja, Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk.

 

Kalian perlu tahu bro, daun stevia berbentuk seperti daun mint tetapi lebih ramping dan runcing, dikenal juga dengan sebutan sweet leaf atau sugar leaf. Tanaman yang   masih satu keluarga dengan bunga matahari ini merupakan tanaman asli subtropis dan daerah tropis dari barat Amerika Utara ke Amerika Selatan.

DSC08528

Menurut dr. Diana F. Suganda, SpGK selaku spesialis gizi, daun stevia tidak dapat langsung digunakan sebagai pemanis, tetapi harus diproses menjadi ekstrak agar mendapatkan pemanis alami yang terkandung di dalamnya.

 

“Stevia memiliki kandungan manis hingga 300 kali lipat dari gula biasa. Misalkan jika takaran menggunakan 250 gram gula pasir, maka stevia cukup hanya dengan 5 gram bahkan bisa kurang dari ukuran tersebut,“ ungkap Diana saat diwawancarai LanangIndonesia.

 

LanangIndonesia sempat mencicip sobekan kecil daun stevia yang di­display pada acara launching Kecap Bango Light di Restoran Kembang Goela, Jakarta, terasa manis pekat dengan after taste sedikit pahit.

DSC08544

LanangIndonesia juga mendapat tips praktis memasak makanan nusantara yang enak dan sehat dari Chef Odie Djamil di acara tersebut, “Gunakan teknik memasak yang berbeda misalnya mengganti proses menggoreng dengan panggang atau dikukus untuk alternatif menikmati makanan yang lezat tetapi tetap sehat,” terang chef saat mengolah Tumis Buncis Daging Cincang dan Sate Manis Rempah Bumbu Kecap sebagai sajian demo masaknya.

 

So, dengan hadirnya Kecap Bango Light, alternatif pilihan bahan baku kecap rendah gula. Jadi semakin mendukung masyarakat Indonesia yang kini banyak menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Dan kita pun masih dapat menikmati sajian nusantara dengan cara yang sehat. Benar gak bro?