Olahraga

Inovasi Digital Menambah Penggemar Tour De France

Ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia Tour De France kembali mencatatkan raihan bagus, kali ini lewat inovasi digital yang disematkan oleh penyelenggaranya. Inovasi tersebut membuat Tour De France mengalami penambahan penggemar sebesar 55%.

Amaury Sport Organisation (A.S.O.) sebagai pihak penyelenggara acara Tour de France, yang bekerjasama dengan Dimension Data sejak tahun 2015 untuk membantu meningkatkan jumlah penggemar generasi barunya telah mencatatkan sekitar 73% dari 6,5 juta audiens sosial media Tour de France. Kisaran usia 18 hingga 35 tahun menjadi target penggemar pihak penyelenggara.

Sebagai partner teknologi resmi dari Tour de France, Dimension Data secara konsisten telah membuat inovasi untuk mengubah pengalaman menonton acara balap sepeda terbesar di dunia tersebut melalui penggunaan teknologi dan video yang inovatif serta penggunaan data untuk menjadi bahan cerita.

Melalui kerjasama inovatif ini, A.S.O. telah memperoleh hasil yang mengagumkan dari seluruh platform digitalnya. Total kunjungan ke website telah mengalami peningkatan 15% per tahun, dan jumlah penonton video online Tour de France meningkat dari 6 juta di tahun 2014 menjadi 71 juta di tahun 2017. Hal ini menunjukkan tren peningkatan bahwa audiens muda lebih meyukai konten digital dibandingkan dengan siaran tradisional, karena menyajikan pengalaman yang lebih mendalam terhadap balapan yang ikonik tersebut.

Untuk memproduksi detil informasi penting terkait balapan tersebut, Dimension Data menganalisa lebih dari 150 juta poin data dari Tour de France dan menggunakan analisa untuk menyajikan visualisai data real-time pada kanal sosial media resmi seperti letourdata. Pada tahun ini, dan untuk pertama kalinya, siaran televisi juga akan menampilkan cuplikan data sosial media tersebut. Dimension Data pertama kali mengenalkan mesin pembelajaran untuk memprediksi hasil balapan di tahun 2017. Di tahun ini, perusahaan juga akan menyertakan kemampuan analisa prediktif demi melindungi data dari serangan siber.

Dengan menarik lebih dari 9,1 juta pengunjung setiap tahunnya, platform Race Centre (Pusat Balap) ini memungkinkan para penggemar untuk mengetahui posisi dan kecepatan pebalap favorit mereka secara real-time. Mereka juga dapat mengakses efek real-time dari beberapa variabel seperti rute, kondisi cuaca, dan prediksi-prediksi  yang sangat akurat terkait: tempat terfavorit, estimasi waktu balapan dan posisi peserta saat akan bersatu kembali dengan grupnya saat balapan.    

Hal ini telah menginspirasi inovasi visi kreatif dari pemetaan tiga dimensi augmented reality dan meningkatkan algoritma untuk memprediksi hasil balapan dengan lebih akurat. Edisi ke-105 Tour de France sendiri akan dimulai pada 7 Juli 2018 di Noirmoutier-en-l'Île, Perancis Barat, dan akan berakhir di Champs-Élysées, Paris pada 29 Juli 2018.