Sukses

Investasi Asyik Buat Anak Muda

Anak muda identik dengan semangat untuk mewujudkan mimpinya, mimpi di sini diartikan hidup, mulai dari cita-cita, pekerjaan dan keuangan. Investasi kini dipandang sebagai hal penting dan jadi obrolan, karena bisa menghasilkan dengan kelipatan yang cukup bagus dalam rentan waktu yang relatif dekat.

Namun sering kali para anak muda, mungkin termasuk Anda bingung atau khawatir mau investasi di mana atau dalam bentuk apa karena pengetahuan yang minim dan takut risiko rugi atau tertipu. Tapi jangan khawatir, Lanang Indonesia merangkum investasi apa saja yang asyik untuk Anda.

Emas

Paling mudah dijangkau dan minim risiko, bagi Anda yang belum berpenghasilan sendiri bisa berinvestasi melalui emas dengan menabung uang jajan karena harganya yang relatif terjangkau. Harga logam mulia ini memang fluktuatif, tapi jika dilihat dalam jangka panjang tren harganya selalu naik. Jika ingin berinvestasi dengan emas jangan lupa siapkan tempat khusus untuk menyimpannya, terlebih dalam jumlah yang banyak, selain riskan dalam bentuk fisik juga meminimalkan pencurian.

Obligasi Retail Pemerintah

Menurut M Yahdi Rosyadi, Anggota Ikatan Pialang Efek Indonesia, Ada Obligasi Retail Indonesia (ORI) dan SUKRI (Sukuk Retail), dua-duanya cukup menguntungkan bagi Anda yang mau berinvestasi namun takut risikonya. Selain risikonya yang hampir tidak ada karena ditanggung oleh negara, ORI atau SUKRI juga relatif terjangkau, dengan 5 juta saja Anda sudah bisa berinvestasi dengan bunga kisaran sampai 9 persen.

Memang keuntungan tersebut tergantung situasi ekonomi, namun bagi Anda yang baru dalam berinvestasi hal ini cukup menguntungkan dengan minim risiko.

Reksadana

Bagi yang belum tahu singkatnya Reksadana adalah pengelolaan investasi atas dana dari beberapa pemodal di mana investasinya dikelola oleh manajer investasi yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika berinvestasi dalam bentuk reksadana, Anda tak perlu repot-repot karena hanya cukup memantau saja perkembangan nilai reksadana Anda dan akan menikmati hasilnya dengan menjual kembali pada saat nilai reksadana Anda telah mengalami peningkatan nilainya.

Kemudahan berinvestasi di reksadana salah satunya adalah bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertatap muka, tapi sebelum Anda berinvestasi pastikan agen reksadana yang dipilih memiliki izin dari OJK dengan mengeceknya melalui situs OJK atau Kementerian Keuangan.

Deposito

Menurut Redauly Tambunan, pelaku investasi, Deposito bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru untuk berinvestasi. Jenis tabungan yang satu ini terbilang minim risiko dan kenaikan yang tetap, karena dana dalam deposito dijamin pemerintah serta ketetapan bunga deposito yang stabil.