Fashion

Item Fashion Afrika yang Oke Buat Ditiru

Para penikmat film sedang terbawa euforia menikmati film superhero besutan Marvel, Black Panther. Film ini memang menjadi tonggak sejarah baru, mengangkat problematika isu rasial ternyata membuat Black Panther menjadi film yang cerdas, penting dan juga politis. Disutradarai oleh Ryan Coogler dan diperankan oleh Chadwick Boseman menjadikan Black Panther sebagai film superhero dengan sutradara sekaligus aktor kulit hitam pertama.

Tak ayal berbagai nilai pada film ini membuatnya laris manis dengan rating tinggi. Akhir pekan ini saja Black Panther catat rekor Box Office mencapai $201,8 Juta. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah dengan ramainya pembicaraan mengenai fashion yang ada di dalam Black Panther. Hal ini pun membuat berbagai item fashion khas Afrika menjadi viral dan tren baru dalam bergaya. Apa saja item fashion tersebut?

Dashiki

1200px-dashiki_and_kufi

 

Kaos penuh warna yang dikelilingi motif ini menarik perhatian penonton Black Panther ketika masyarakat Wakanda banyak yang menggunakannya. Ternyata pakaian tersebut memang asli dari Afrika. Sang desainer kostum film Black Panther Ruth Carter memang mencari inspirasi kostum untuk Black Panther dari akar tradisi dan budaya Afrika. Dashiki sendiri kebanyakan digunakan oleh pria dan wanita di Afrika Barat.

Basotho

basotho1

 

Jika anda ingat W’Kabi, sahabat dari T’Challa Black Panther yang selalu menggunakan kain bersama sukunya ternyata kain tersebut bernama selimut Basotho. Ternyata selimut tersebut bukan hanya menjadi perisai semata di Black Panther, melainkan memang sebuah pakaian tradisional dari masyarakat Lesotho namun motifnya sendiri menggunakan motif khas masyarakat Sesotho. Pakaian ini terbuat dari wol yang digunakan oleh pria dan wanita di semua musim, ini dikarenakan Lesotho yang memiliki suhu dingin.

Agbada

black-panther1

 

Yang terakhir adalah baju kebanggaan yang digunakan T’Challa sebagai raja di Wakanda. Baju yang selalu digunakan oleh raja dan tokoh masyarakat Wakanda ini langsung booming, terutama di Indonesia. Ini lantaran baju ini dianggap mirip seperti baju koko. Ternyata nama asli dari baju tersebut adalah Agbada yang sering digunakan oleh pria-pria di Afrika Selatan dan Afrika Utara. Baju berbentuk jubah dengan ornamen yang elegan ini sangat keren jika sobat lanang pakai tentunya.