Terkini

Jadi Google Doodle, Ini 3 Fakta Bolshoi Theater

Ada pemandangan berbeda di halaman mesin pencari terbesar dunia yakni Google. Pada hari ini 28 Maret 2016, Google Doodle menampilkan sebuah gedung megah bernama Bolshoi Theater untuk memperingati ulang tahunnya yang ke 240 tahun.

Lalu di mana keistimewaan pusat teater kebanggaan warga Rusia itu? Berikut fakta-fakta menariknya.

Titah Pangeran

Didirikan pada 28 Maret 1776, Bolshoi Theater punya proses unik saat pendiriannya. Pangeran Rusia saat itu, Pyotr Urusov, memberikan kekuasaan penuh kepada Katerina yang Agung (Catherine II) untuk mendirikan Bolshoi Theatre serta mengurus dan melestarikan semua jenis teater.

Tujuan pangeran Rusia saat itu agar semua seni teater tak hilang dari Rusia dan terawat keberadaannya.

Susah Masuk

Menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Rusia, membuat tiap pentas di Bolshoi Theater sangat susah untuk ditonton. Lantaran tiket masuk pertunjukkan di Bolshoi Theater selalu habis terjual mulai dari awal hingga akhir tahun.

Jika ingin menyaksikan pertunjukkan di Bolshoi Theater minimal pengunjung harus memesan tiket 1 tahun sebelumnya. Tak heran jika Bolshoi Theater jadi salah satu pusat budaya dan seni kebanggaan warga Rusia.

Angsa Danau

Cerita Angsa Danau atau Swan Lake merupakan salah satu pertunjukan yang sangat digilai oleh para penggemar balet apabila mereka berkunjung ke Moskwa. Dipentaskan pertama kali di Bolshoi Theater pada 4 Maret 1877, pertunjukkan balet Angsa Danau selalu ditunggu-tunggu hampir 140 tahun lamanya, bahkan punya gengsi tersendiri jika telah menyaksikannya.

Selain itu, beberapa sutradara musik terkenal pun sering tampil di Bolshoi Theater Rusia, seperti Samuil Samosud (1936-1942), Yuri Simonov (1970-1985) dan Vasslily Sinaisky (2010-2013).

Itulah beberapa fakta unik dan menarik mengenai Bolshoi Theater di Rusia. Tertarik untuk mengunjunginya?