Gaya Hidup

Jakarta Pusat Seni Dunia lewat Bazaar Art 2016

Dengan tahun ini setidaknya sudah delapan kali perhelatan seni BAZAAR ART Jakarta (BAJ) 2016 dilaksanakan. Selama itu pula pameran ini mengakui sudah mengembangkan visinya untuk menjadikan Ibu Kota sebagai pusat seni dunia. Benarkah demikian? Lanang Indonesia membuktikannya langsung dari Grand Ballroom The-Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place.

Didukung oleh setidaknya 42 galeri baik dari dalam maupun luar negeri, acara yang berlangsung selama 25 hingga 28 Agustus 2016 ini jelas menjadi tempat berkumpul yang asyik bagi para seniman, kurator, kolektor atau hanya seorang penikmat seperti kita. Membawakan tema Food For Soul #IndonesianPride’ di lokasi pameran kita bisa menemukan 1.500 buah karya seni dalam berbagai bentuk.

Hyperphoto karya Jean-Francois Rauzier | Rendi Widodo
 

“BAZAAR ART Jakarta 2016 adalah bukti bahwa Indonesia bisa memiliki art fair bertaraf internasional. BAZAAR ART Jakarta pertama kali diadakan pada tahun 2009 dan sekarang telah menjadi satu art fair serta art hub terbesar di Asia Tenggara,” ujar Soetikno Soedarjo, CEO MRA Group dalam konferensi pers.

Ada 19 galeri lokal yang akan ikut meramaikan BAJ 2016, antara lain galeri Paskal, Zola  Zulu,  Andrew  Art  &  Gallery,  Canna,  Artsphere,  Puri  Art,  Art1  dan  ROH  Projects.  Turut  pula berpartisipasi  23  galeri dari Amerika,  Taiwan, Singapura,  Korea,  Perancis,  Malaysia,  Filipina,  Jepang, Hong Kong dan Spanyol.

Koleksi Artura dsignershop di stand BEKRAF | Rendi Widodo
 

Dari pesertanya saja sudah terbayang kan seperti apa ragam karya seni yang ada di BAJ 2016 ini. Tak hanya sekedar ekshibisi, BAJ 2016 juga menawarkan banyak workshop edukatif bagi kalian yang tertarik untuk memperdalam dunia seni. Salah satunya adalah 3D Artist workshop bersama Darbotz.

Selain workshop, antrean diskusi bersama praktisi maupun seniman dari berbagai disiplin juga bisa kita ikuti secara langsung bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Nia Dinata, Mira Lesmana, Dewa Budjana hingga Cosmas Gozali.

Bagaimana bro, masih kosongkah jadwal kencan dengan kekasih di akhir pekan tanggal tua ini? Jika iya, berangkatlah kalian ke BAJ 2016, free entry lho!

Live painting oleh Oky Rey Montha | Rendi Widodo