Terkini

Jaminan Masa Depan yang Mengikuti Zaman

Membangun masa depan tak hanya sekedar fokus pada apa yang ingin kita capai. Ada hal-hal lain yang juga harus kita perhatikan seperti kesehatan dan perlindungan lainnya terhadap diri kita. Meskipun begitu, kesadaran masyarakat Indonesia akan perlindungan tersebut memang masih sangat minim.

Sebagai bentuk kepedulian dan mendorong kesadaran masyarakat untuk membuat perlindungan diri seperti asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan. Pemerintah pun membuat lembaga yang menata itu semua, yakni BPJS.

Menurut survei yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2013 di 20 provinsi dengan melibatkan 8.000 responden, hanya 17,84% dari total populasi masyarakat Indonesia yang sadar pentingnya memiliki asuransi.

Memang minimnya kesadaran tersebut karena belum tingginya pengetahuan tentang manfaat asuransi ataupun jaminan sosial lainnya. Meskipun pada faktanya pengeluaran tak terduga dari masalah kesehatan yang tak terduga selalu menjadi pengeluaran terbesar.

bpjs1

Pihak BPJS dan pihak PasarPolis meresmikan kerjasama platform digital | Andika Aditia

Untuk mengejar kesejahteraan yang merata dan kemudahan bagi masyarakat Indonesia, BPJS pun mulai merubah gaya konservatif lembaga pemerintahan selama ini. Bertempat di Annex Building, Jakarta, Kamis (14/9/2017), BPJS melakukan terobosan dengan bekerjasama bersama PasarPolis.com untuk membangun platform digital bagi para peserta BPJS.

Ini jelas merupakan jawaban jika jaminan sosial seperti BPJS, mau tak mau harus mengikuti perkembangan zaman agar efektif dan efisien, baik bagi pengguna maupun penyelenggara. Menurut Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan antar Lembaga BPJS E Ilyas Lubis, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai perlindungan dasar tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kami menargetkan, seluruh pekerja Indonesia baik di bidang formal maupun informal diharapkan dua tahun mendatang sudah mencapai 37,76% untuk sudah menjadi peserta,” ucap E Ilyas Lubis.

Lewat hal ini, jelas kita melihat perubahan yang berarti dan semakin membuktikan jika perkembangan era digital sudah tak terelakkan lagi sehingga sudah menjadi keharusan bagi kita untuk turut serta di dalamnya.