Gaya Hidup

Jangan Banyak Omong Kalau Masih Bau Mulut!

Semua orang mungkin termasuk Anda pernah merasakan situasi yang tak menyenangkan hanya karena masalah sepele namun dampaknya besar.

Salah satunya adalah masalah bau mulut. Anda mungkin tak menyadari jika mulut terasa bau dan akan menjadi malu ketika orang lain yang memberi tahu. Lanang Indonesia menyadari akan pentingnya hal itu dan memberi tahu caranya agar tak terulang. Menurut Drg. Eva Fauziah, dokter gigi dan pengajar di FK UI, mengatakan ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Sponsored Links

Sikat Gigi dan Lidah
Sikat gigi adalah cara yang paling umum untuk menghindari bau mulut karena akan membersihkan dan menyegarkan gigi serta mulut. Sikat gigilah sehari dua kali, selain itu juga harus menyikat lidah karena pada umumnya bakteri berkembang di lidah. Dengan begitu Anda sudah meminimalisir risiko terjadinya bau mulut.

Banyak Minum Air Putih
Dehidrasi ternyata bisa jadi salah satu pemicu bau mulut. Banyak meminum air putih dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel di antara gigi dan memicu bakteri. Ingat, hanya air putih bukan minuman berasa apalagi berwarna karena air putih bebas dari berbagai zat dan kandungan yang bisa mempengaruhi warna gigi.

Gunakan Baking Soda
Bubuk ini biasa digunakan untuk kue agar mengembang, tapi ternyata baking soda punya manfaat lain. Kandungan yang ada di dalamnya dapat mengurangi zat asam dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

Gunakan Obat Kumur
Ini adalah cara terakhir dan paling mudah dilakukan karena tak memakan banyak waktu Anda. Mungkin obat kumur jarang menghiasi kamar mandi karena dianggap tak penting. Tapi jangan salah, Obat kumur sangat membantu bagi yang punya pola makan dan kebiasaan kurang membersihkan mulut. Kandungan dalam obat kumur efektif membunuh kuman dan menyegarkan mulut.

Senyuman  adalah kesan pertama Anda. Jadi jangan buat orang lain punya pandangan buruk hanya karena bau mulut. Rawatlah kesegaran mulut dan gigi  agar dapat beraktivitas tanpa hambatan berarti.