Sosok

Jasa Dokter Di Balik Eksistensi Indonesia

Media sosial sedang ramai membicarakan kepergian Dr Ryan Thamrin, Lanang Indonesia pun juga turut berduka atas kepergiannya. Karena sosoknya masyarakat menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan kesehatan lewat acara yang sempat ia bawakan, yakni Dr OZ.

Profesi dokter memang sangatlah mulia dalam menyelamatkan banyak nyawa, namun dalam ulasan ini Lanang Indonesia juga ingin menunjukkan jika ternyata dokter pun turut berjuang atas kelahiran Negara Indonesia. Enggak percaya? Nih simak faktanya.

dr. Cipto Mangunkusumo

ok-cipto

Jika sobat lanang masih berpikir mahasiswa kedokteran tak pernah ikut demo apalagi aksi, itu salah besar! Tahukah jika pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia yang paling aktif bergerak justru para mahasiswa kedokteran yang akhirnya mendirikan organisasi nasional pertama Budi Utomo.

Nama dr. Cipto Mangunkusumo pasti tak lepas dari Budi Utomo. Pernyataan-pernyataan Cipto pada zamannya dianggap radikal oleh pemerintah kolonial. Gagasan-gagasan Cipto menunjukkan rasionalitas yang tinggi, serta analisis yang tajam dengan jangkauan masa depan untuk rakyat. Berkat semua dedikasinya, nama dr. Cipto dijadikan nama rumah sakit nasional ternama Indonesia.

Sponsored Links

ok-soetomo

Sama seperti dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Soetomo juga merupakan pendiri organisasi Budi Utomo pada tahun 1908. Ia dianggap sebagai orang yang melampaui zamannya, karena sejak dulu ia sudah menjadi orang yang berpikiran maju dan terbuka.

Pemikirannya yang selalu mengedepankan pendidikan demi kemajuan bangsa dianggap menjadi semangat progresif bagi kaum-kaum pribumi terpelajar untuk turut membebaskan bangsa dari jajahan. Kini hari kelahiran organisasi Budi Utomo pun dirayakan sebagai hari Kebangkitan Nasional setiap tanggal 20 Mei.

Wahidin Sudirohusodo

ok-wahidin

Jika ditanya soal perang, mungkin tak banyak catatan hinggap di diri Wahidin Sudirohusodo. Itu karena memang ia memilih jalur pendidikan untuk membangun pola pikir yang bebas dan mandiri serta cerdas. Semasa hidupnya ia sering berkeliling ke kota-kota di Pulau Jawa untuk menyuarakan gagasannya tentang pendidikan.

Siapa sangka, karena pidatonya organisasi Budi Utomo lahir. Ia memang bukan pendiri, namun pidatonya sanggup menginspirasi para juniornya, seperti dr. Soetomo yang akhirnya membuka mata dan pikirannya.

Dr. Moestopo

ok-moestopo

Jangan hanya tahu nama Dr. Moestopo sebagai nama universitas saja. Karena jasa-jasanya untuk Indonesia lebih dari sekedar nama. Selain menyandang gelar sebagai dokter gigi, Dr. Moestopo punya peranan penting dalam sejarah militer dan pendidikan Indonesia.

Tercatat sejak bergabung dalam militer, Dr. Moestopo pernah memimpin pasukan di Jawa Timur dan akhirnya terlibat pertempuran dengan   Walter Sothern Mallaby Aubertin karena niat Belanda yang mendarat di Surabaya dan ingin menjajah kembali Indonesia.

Selain itu, Dr. Moestopo juga berjasa dibidang pendidikan dengan membantu pengembangan Universitas Padjadjaran di awal-awal berdirinya. Lalu ia juga mendirikan Universitas Dr. Moestopo Beragama. Dan ia jugalah orang yang berperan dalam kemandirian Ilmu Komunikasi menjadi sebuah fakultas sendiri di Indonesia.