Gaya Hidup

Jelajah Taman Nasional Gunung Leuser

Untuk yang menyukai liburan gaya petualang, Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu arena petualangan yang cukup menantang. Terletak di dua propinsi Aceh dan Sumatra Utara, taman nasional ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa dengan medan yang sangat menantang.

Lanang Indonesia memilih untuk menjelajah Taman Nasional ini lewat Aceh Tenggara, yang bisa dicapai dengan mobil dari Kota Medan. Menuju Kotacane di Aceh Tenggara membutuhkan waktu tempuh lima jam dengan mobil. Kita bisa menginap satu malam di kota kecil ini untuk melanjutkan perjalan besok pagi menuju titik mulai tracking.

Fasilitas di lokasi ini masih minim, jadi sebaiknya menyiapkan berbagai persiapan dengan matang. Tracking memakan waktu sekitar 3,5 jam menjelajah hutan hujan tropis yang lebat dengan kemiringan bukit bisa dikatakan hampir 70 derajat baik saat naik maupun turun. Tapi tenang saja, karena kekayaan vegetasi yang di hutan lindung ini sangat memanjakan mata.

Tujuan tracking adalah lokasi Sungai Alas yang terletak di dalam hutan yang sering digunakan sebagai camping ground oleh turis asing. Sungai Alas yang pernah dijelajahi oleh Leonardo DiCaprio beberapa waktu lalu ini memiliki arus yang cukup kuat di beberapa bagiannya, sehingga sempurna untuk aktivitas arung jeram.

Lokasi camping ground ini terletak di pinggir sungai dengan pemandangan hutan tropis. Air Sungai Alas yang sangat jernih membuat kita tak penasaran untuk menceburkan diri dan tentu saja air bisa digunakan untuk mandi atau masak. Menariknya, kita tidak perlu khawatir dengan polusi karena hutan di taman nasional ini adalah area dengan oksigen terbaik di dunia menurut World Wild Foundation.

Ada sungai tentu ada arung jeram! Sayangnya kondisi air saat tim berkunjung ada di grade 3, dimana air tidak terlalu tinggi namun masih bisa diarungi.

Pemandangan indah hutan tropis terbentang sepanjang perjalanan mengarungi sungai. Kita bisa menemukan koloni kelelawar yang sedang tidur di sebuah pohon terlihat bergelantungan seperti daun-daun hitam besar menutupi pohon tersebut. Menjelang senja kita akan bisa melihat jumlah mereka yang mencapai ribuan mulai aktif terbang. Tak ada di Jakarta bro!

Bagi kalian yang ingin bertualang di Taman Nasional Gunung Leuser, sebaiknya mencari berbagai informasi dari sumber terpercaya karena lokasi ini masih belum sepopuler lokasi liburan lainnya di Indonesia. Taman Nasional Gunung Leuser adalah pengalaman yang unik sekalipun untuk petualang senior.

 

Kontributor: Ion Akhmad