Items

Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Kalian Tahu

Jika sebelumnya kita sudah membahas Aturan Serius dengan Ikat Pinggang maka kali ini Lanang Indonesia akan menjelaskan berbagai jenis ikat pinggang yang wajib kalian tahu. Sederhana bro, kita akan menjelaskan mulai dari gesper (kepala ikat pinggang), strap, hingga peruntukkan situasinya mulai dari formal hingga kasual.

gesper

JENIS GESPER

Gesper Frame

Umum ditemukan di banyak toko. Penggunaannya bisa menjangkau situasi formal hingga kasual. Strap harus berlubang untuk dikunci pada bagian tulang penahan di tengah frame.

Gesper Pelat

Banyak dipakai oleh penggemar motor besar hingga koboy. Gesper jenis ini berfungsi dekoratif jadi hanya cocok pada situasi kasual. Strap tetap berlubang dan di balik pelat ada kait tulang pengunci.

Gesper Box

Tak perlu lubang pada strap karena mekanisme penguncinya adalah jenis jepit. Cocok untuk situasi kasual dan semi formal.

Gesper Ring

Mekanisme penguncinya menggunakan pola simpul tertentu pada kepala gesper yang berbentuk ring. Lebih berfungsi dekoratif dan banyak ditemukan pada pakaian wanita. Tidak bisa berpasangan dengan strap kulit.

Gesper Snap

Paling fleksibel dan praktis. Gesper jenis ini banyak dipakai untuk kebutuhan outdoor atau militer karena fungsinya. Selalu berpasangan dengan strap kanvas. Dekoratif kasual bro.

jenisstrap

JENIS STRAP

Strap Kulit

Paling umum dan menjangkau situasi formal hingga kasual. Dominan adalah penggunaan kulit sapi, namun terdapat material eksotik seperti kulit burung unta, buaya, ular hingga kadal.

Strap Kanvas

Lahir dari kebutuhan militer. Strap kanvas lebih beraura fungsional walaupun banyak digunakan sebagai fungsi dekoratif kasual bagi masyarakat hari ini.

Strap Kulit Sintetis

Berfungsi sama seperti strap kulit. Hanya saja kulit sintetis lebih murah, minim perawatan, dan lebih tahan lama. Satu yang tak ada pada kulit sintetis adalah tidak adanya prestise.

Strap Vinyl

Murah dan memiliki banyak pilihan warna untuk digunakan kaum muda. Sangat tidak cocok untuk pria-pria dewasa. Berfungsi dekoratif dan kasual.

Itulah berbagai jenis ikat pinggang yang wajib kalian tahu. Intinya ikat pinggang terdiri dari dua part, yakni gesper dan strap. Dua part ini bisa dilepas pasang antar yang satu dan yang lain. Yang terpenting kalian harus tahu kombinasinya agar tidak salah situasi ketika memakainya.