Olahraga

Jika Motor Listrik Menjadi Pilihan di MotoGP

Terbayangkan jika MotoGP diramaikan dengan motor-motor bertenaga listrik? Sulit memang. Kehadiran motor listrik mid performance di Indonesia saja masih sangat-sangat minim, sehingga kita tidak pernah tahu seperti apa performa motor listrik sebenarnya. Namun yang menarik adalah MotoGP berencana memasukkan kelas motor listrik ini dalam kompetisi pada 2019 nanti.

Adalah pabrikan motor asal Belgia yang akan menjadi penyuplai mesin motor listrik untuk MotoGP ini. Jadi bisa dibilang kelas motor listrik ini akan menjadi balapan satu merek. Bisa dilihat dari media sosial Instagram @saroleamoto di mana Loris Capirossi mencoba motor listrik buatan mereka di sirkuit Aragon beberapa waktu lalu.

Meskipun kelas motor listrik ini akan dimulai pada tahun 2019 nanti, tapi Dorna berencana akan mulai melakukan promosinya dari musim 2018 dengan demo lap dari beberapa legenda MotoGP seperti Mick Doohan dan Kevin Schwantz.

lorisss

Buntut yang pendek dan mirip motor cafe racer | Motofire

Sarolea akan menjadi penyuplai tunggal kelas motor listrik ini dari 2019 sampai 2021. Selanjutnya pada tahun 2022 akan terbuka untuk pabrikan lain ikut nimbrung di kelas unik ini.

Selain itu juga kelas motor listrik tidak akan segaris mengikuti jadwal sesuai kelas utama, tapi hanya akan digelar sebanyak 5 seri race yang semuanya hanya di benua eropa. Pada tahun-tahun berikutnya tidak menutup kemungkinan balap motor listrik ini bisa sejalan dengan jadwal kelas utama.

Platform dasar motor yang digunakan untuk balap MotoGP listrik ini adalah Sarolea SP7. Secara keseluruhan sudah memiliki desain motor balap namun yang unik adalah absennya knalpot dan buntut motor yang sekilas terlihat seperti hornet motor cafe racer.

Tidak adanya knalpot bukan berarti motor menjadi tak bersuara bro, jika kalian cek videonya di akun @saroleamoto suara SP7 luar biasa beringas. Berbeda dengan suara knalpot mesin konvensional, SP7 cukup bising dengan bunyi melengking yang sangat mirip dengan suara mesin jet pesawat. Jadi tak perlu khawatir jalannya balapan motor listrik akan senyap.

Mungkinkah motor listrik akan menjadi masa depan balap di MotoGP? Let see!