Karier

Poin Penting Membuat Konten Kreatif Bersama Joko Anwar

Membuat suatu hal yang didasari kreativitas ternyata bukanlah hanya dari sebuah ide cemerlang yang datang begitu saja. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui agar sebuah ide menjadi matang dan membuahkan hasil.

Dalam suatu diskusi yang diisi oleh Sutradara Joko Anwar, ada beberapa hal yang harus dilalui agar setiap ide menjadi sebuah konten yang benar-benar berkualitas.

Cerita

Sponsored Links

“Cerita adalah awal yang sekaligus menjadi dasar dalam membuat suatu konten, dalam hal ini sangat penting untuk ditekankan bagaimana alur sebuah cerita itu berjalan,” ucap Joko Anwar.

Menurutnya, cerita bukanlah hanya rangkaian kisah untuk menghiasi suatu konten melainkan pilar penting untuk menjadikan sesuatu terlihat berbeda.

Gagasan

Menggagas dari sesuatu yang ada adalah sebuah keberlanjutan yang wajib dilakukan, tanpa itu maka sebuah cerita hanya akan menjadi rangkaian teks berjarak yang terlihat biasa saja.

Dalam hal ini Joko Anwar membagi dua gagasan, yakni cerita lama dengan sudut pandang baru atau cerita yang benar-benar baru.

Audio Visual

Untuk menyampaikan bahasa seni atau suatu pesan yang dimaksud maka memperhatikan audio dan visual adalah hal wajib. Tanpa ini maka semua akan sangat kosong, seperti lukisan tanpa warna.

Keberhasilan seorang kreator untuk menyampaikan pesan dari karya yang dibuatnya tidak akan lepas dari bagusnya kualitas audio dan visual yang dibuatnya.

Olah

“Treatment atau collaboration of multiple creative clusters atas suatu karya bisa dibilang menentukan hasil akhir, misalnya pengambilan gambar yang bagus namun proses editing yang buruk maka akan sama saja hasilnya,” tambah Joko Anwar.

Baginya mengolah konten yang dengan serius maka akan menghasilkan suatu karya yang sangat prestisius pula.

Karakter

Menurut sutradara berbadan tambun ini, karakter adalah hal yang paling penting di dalam konten jika semua telah terlaksana. Karena ini akan menentukan berapa nilai yang didapat atas kesan yang diberikan dari konten yang kita buat.

“Sebagai contoh saat saya membuat film, karakter akan membuat film itu menjadi sangat menarik dan karakter akan menjadi kuat jika mereka punya keyakinan yang kuat dari apa yang sedang dijalaninya,” tutup Joko Anwar.

Selain itu Joko Anwar juga menambahkan jika ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam suatu karakter, yakni politik, seni, agama, cinta dan seks.

 

Begitulah sekiranya tahapan-tahapan yang harus diperhatikan saat kita membuat suatu konten kreatif ala Joko Anwar. Sudah siapkah untuk mencoba, guys?