Terkini

Karya Foto Terbaik World Press Photo 2016

Fotografi adalah salah satu elemen penting dalam jurnalistik. Sehingga setiap tahun selalu digelar ajang penghargaan tertinggi bagi para pewarta foto di seluruh dunia.

Penghargaan World Press Photo, telah mengumumkan karya-karya terbaik para pewarta. Dilansir worldpressphoto.org, Tahun ini, 41 fotografer dari 21 negara meraih penghargaan dalam delapan kategori. Penghargaan yang telah digelar sejak 1955 ini menyajikan banyak foto menggugah dengan nilai jurnalistik yang tinggi.

Waiting To Register

Foto karya Matic Zorman dari Slovenia ini berkisah tentang seorang anak pengungsi yang tertutup jas hujan sambil mengantre untuk mendapatkan kamp di Presevo, Serbia, pada Oktober 2015. Foto ini memenangi “1st prize single” kategori People.

Hope For A New Life

Berkisah tentang seorang migran yang menggendong bayi saat mencoba menerobos pagar kawat berduri dari Serbia ke Hongaria ini berhasil memenangi kategori World Press Photo of the Year and Spot News. Foto karya Warren Richardson dari Australia yang diambil pada Agustus 2015 lalu itu begitu dramatis dan menarik banyak simpati.

Storm Front On Bondi Beach

Foto ini mengabadikan sebuah badai saat menerjang pantai Bondi, di Sydney, Australia, pada November 2015. Karya dari Rohan Kelly tersebut berhasil memenangi kategori Nature “1st prize singles”.

China Coal Addiction

Menceritakan kehidupan warga Cina di lingkungan pembangkit listrik di Shanxi, China, pada November 2015. Foto karya Kevin Frayer dari Kanada ini memenangi “1st prize singles” kategori Daily Life.

FIS World Championship

Foto ini mengabadikan momen terjatuhnya peserta kejuaraan ski internasional, Ondrej Bank dari Ceko, di Colorado, AS, pada Februari 2015. Foto karya Christian Walgram dari memenangi “1st prize singles” kategori Sports.

 

Pemenang yang meraih World Press Photo of the Year akan mendapatkan hadiah sebesar 10.000 Euro dan kamera profesional Canon EOS-1D X Mark II.