Fashion

Karya Kekoa Iskandar di ICAD 2017

Peragaan busana Kekoa Iskandar yang dilangsungka pada helatan ICAD 2017: MURNI? memperlihatkan keberhasilan filtrasi seni kontemporer pada sebuah rancang busana.  Bertempat di Grandkemang Hotel Jakarta, Kekoa Iskandar menampilkan lima busana pria dalam show kolaborasi bersama brand pakaian wanita I Know You Know (I.K.Y.K).

Dengan signature design “The New Culture”, desainer yang masih berusia 22 tahun ini membawa kenangan masa lalu, khususnya dunia seni, ke masa depan melalui rancangan busana prianya.

Kekoa yang kini berbasis di New York pernah bercita-cita menjadi pelukis.  Namun, minatnya kemudian meluas hingga bidang tekstil dan menjadi awal karirnya sebagai desainer. Kekoa sempat menempa bakat dengan magang pada beberapa brand ternama, termasuk Valdis dan Philip Lim.

Ada lima look yang ditampilkan dalam show ini. Look pertama menampilkan atasan tanpa lengan berbahan flanel dengan hemline yang kontras pada bagian muka dan belakang, dikenakan bersama jogger dengan layer skort. Coat merah berbahan kombinasi   flanel sebagai sentuhan akhir look ini memberi kesan dramatis, modern, dan tetap praktis dikenakan untuk aktivitas sehari-hari.

untitled-4

Karya Kekoa Iskandar dan IKYK di ICAD 2017 | Andrew R. Andika

Look kedua memperlihatkan setelan satin  berkelas dengan jaket berlaper kontras dan garis pinggang celana yang tinggi disertai detil paillete dan fringe hitam pada salah satu tungkai kakinya.

Look ketiga memperlihatkan gaya kasual yang mewah. Dengan celana pendek ber-cuff satin yang dipadukan dengan pullover berbahan delicate. Look ini menunjukkan bagaimana paillete bisa terlihat maskulin pada pria.

Look ke empat terdiri dari perpaduan jaket denim bergaya dekonstruktif dengan celana pendek denim oversize yang longgar.

Sebagai look penutup Kekoa mamasangkan jogger dan atasan monokrom. Suatu penutup koleksi yang dihadirkan dengan alur yang tak lazim, diawali kesan provokatif, dramatis dan perlahan berakhir kasual.

Bagi Kekoa Iskandar, menjadi desainer adalah suatu bentuk ekspresi seni. Oleh karena itu, peragaan busana pada pembukaan event ICAD 2017 ini menunjukkan bagaimana seni kontemporer menyatu pada busana pria yang modern.