Gaya Hidup

Kebiasaan Sepele Ini Akan Buat Bumi Tersenyum

Melestarikan bumi beserta isinya mungkin memang adalah pekerjaan rumah terbesar untuk saat ini, namun hal itu tak hanya bisa dilakukan dengan spanduk-spanduk besar tanpa aksi nyata yang menyertainya.

Sebagai anak muda yang mengaku sebagai generasi penerus kita wajib mewujudkannya dari hal yang paling kecil. Karena perubahan besar tak akan terjadi jika kita masih menyepelekan hal-hal kecil. Berikut kebiasaan sepele yang akan membuat bumi tersenyum kembali.

Jangan Pakai AC Sembarangan

Menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan memang bukanlah hal biasa, baik itu di kantor, sekolah atau mal-mal besar sekalipun. Namun perlu diketahui jika beberapa AC masih menggunakan freon atau CFC, di mana penguapan gasnya dapat menyebabkan lapisan ozon menipis.

Maka dari itu, gunakanlah AC yang tak menggunakan zat berbahaya serta biasakanlah untuk mematikan AC ketika memang tak diperlukan lagi kesejukannya.

Jalan Kaki

Entah karena malas atau karena efisiensi waktu, kita sering menggunakan kendaraan bermotor meski dalam jarak yang sangat dekat. Misalnya, ketika belanja di warung dekat rumah yang padahal bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Mungkin ini hal biasa, tapi dampaknya cukup besar karena selain mengurangi emisi gas, hemat bahan bakar, kesehatan Anda pun cukup terjaga. Selain itu, kita mulai biasakan bersepeda jika dirasa berjalan kaki cukup melelahkan.

Bakar Sampah

Tahukah Anda jika membakar sampah akan merusak kualitas udara yang kita hirup. Jika malas untuk membuang sampah sebaiknya siapkanlah tempat sampah di halaman rumah, bukan malah membakarnya.

Efek jangka pendek dari membakar sampah akan menyebabkan bau tak sedap yang menyebar ke udara dan membawa kuman-kuman penyakit. Selain itu dalam jangka panjang juga membahayakan keberlangsungan paru-paru kita.

Bawa Minum Sendiri

Dengan membawa air minum sendiri ke mana-mana, maka kita tak perlu repot-repot mengeluarkan uang tambahan dan mengurangi jumlah sampah dari botol atau kemasan minuman yang kita beli.

Sponsored Links

Isi Ulang

Banyak sekali produk keperluan sehari-hari yang menyediakan kemasan refill atau isi ulang. Mulia dari sampo, sabun, pembersih lantai, parfum, sampai pulpen yang kita gunakan sehari-hari untuk menulis.

Dengan membeli produk kemasan refill, maka kita secara otomatis akan mengurangi limbah yang bertambah banyak setiap harinya.