Terkini

Kemeriahan Menyambut Tamu Negara di Istana Bogor

Selama ini, penyambutan tamu negara dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. Namun, Minggu sore, 15 Januari 2017, untuk pertama kali di era Kepresidenan Jokowi, Istana Bogor yang menjadi tempat untuk menyambut PM Jepang Shinzo Abe dan istrinya, Akie.

Mereka disambut meriah dengan arak-arakan bahkan sebelum masuk pintu gerbang Istana. Saat di pintu gerbang, mereka dikawal oleh anggota marching band, berkuda dan pasukan berpakaian adat yang berjalan di depan mobil PM Abe hingga ke depan Istana dan langsung disambut oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

istana4

34 personel Paspampres dengan busana adat dari 34 provinsi | Khairiyyah Sari

Dentuman meriam sebanyak 19 kali disaat lagu kebangsaan dari kedua negara dimainkan, membuat suasana semakin meriah sebelum akhirnya mereka masuk ke dalam Istana untuk mengikuti serangkaian acara.

Semua jajaran dikerahkan untuk membikin penyambutan tamu negara menjadi lebih meriah. Selain puluhan anak sekolah dasar asal Bogor yang datang mengenakan busana adat sambil mengibarkan bendera kecil Indonesia dan Jepang, juga termasuk personel Paspampres.

istana6

Puluhan anak Sekolah Dasar di Bogor turut menyambut PM Shinzo Abe | Khairiyyah Sari

Sponsored Links

Namun sejak bulan Juli 2016, menjadi berbeda. Untuk itu, Prabowo mengordinir sekitar 170 personel Paspampres. Diantaranya personel musik, pengawal istana dan Gordon, serta pasukan adat.

istanabogor2

Gladi resik terakhir sebelum PM Shinzo Abe tiba di Istana Bogor | Khairiyyah Sari

Pakaian yang dikenakan oleh pasukan adat, beragam jenisnya. Dalam dua kesempatan pertama penyambutan tamu negara, sebanyak 34 personel Paspampres mengenakan busana prajurit kraton. Setelah itu, tubuh tegap mereka berbalut busana tradisional dari 34 propinsi di Indonesia.

Upacara penerimaan tamu negara kini menjadi menarik perhatian. Masyarakat juga dapat melihat secara langsung prosesi ini. Selain untuk mengubah persepsi Istana yang 'angker', penyambutan tamu negara dengan arak-arakan merupakan bentuk penghormatan Presiden terhadap tamunya.