Items

Kenal dan Rawat Material Sneaker dengan Benar

Mari kita mulai artikel ini dari sebuah pertanyaan yang esensial, apa saja sih jenis material sneaker dan bagaimana merawatnya? Nah, pasti kalian yang masih baru-baru gemar beli sneaker penasaran dong bagaimana merawat sepatu-sepatu kesayangan ini, yuk kita belajar bareng bro!

Sebelum memahami cara merawat baiknya kita kenali dulu jenis bahan dan karakter sneakernya ya bro.

 

Kulit

Bahan yang paling kuat sekaligus paling tinggi harganya. Bahan kulit kuat dan cenderung tahan air, namun jika terendam dan terlalu basah akan membuatnya cepat rusak. Bahan kulitpun cenderung kuat terhadap scratch dan mudah dibersihkan.

Namun sudah tidak begitu banyak sneaker yang full terbuat dari kulit hari ini. Cenderung hanya sebagai bahan pemanis di antara bahan-bahan lainnya.

How to Handle Dirt : Bersihkan kotoran dengan lap kering dari partikel-partikel kecil lalu gunakan lap basah untuk finishing.

 

Kanvas

Bahan ini menjadi yang cukup dikenali di dunia sneaker karena kuat dan mudah dirawat. Kanvas tidak terlalu bermasalah dengan air dan mereka bisa dicuci dengan deterjen layaknya pakaian. Kelemahannya adalah saat menua warna sepatu bisa pudar karena sering terpapar matahari. Maka pilihan terbaik adalah membeli sneaker berbahan kanvas yang berwarna putih bro.

Sponsored Links

How to Handle Dirt: Jika terkena lumpur atau tanah tunggu kering baru bersihkan. Rendam dengan deterjen dan sikat dengan sikat gigi (karena bulunya lebih lembut) untuk dapatkan hasil sempurna.

 

Suede

Ini nih bahan yang paling manja bro. Suede disukai karena teksturnya yang unik. Sayangnya perawatannya harus super hati-hati. Bahan ini lemah terhadap scratch dan mudah sekali kotor dan jika sudah berhadapan dengan air, tewaslah dia. Jika kalian bukan orang yang telaten terhadap sepatu sebaiknya jangan bermain dengan bahan ini.

 

How to Handle Dirt: Tak bisa dicuci atau dilap basah bro. Jika kotor suede bisa dibersihkan dengan suede cleaner, atau yang lebih susah dicari suede eraser. Bahkan juga tersedia coating pelapis khusus untuk melindungi bahan ini. Repot kan?

Karet

Material karet menjadi material yang paing mudah dirawat dan cenderung tahan lama dengan harga prodksi yang juga tidak terlalu mahal. Jelas tahan air dan siap diajak kotor kapanpun. Satu-satunya masalah adalah jika bahan ini dilapisi warna lewat cat. Lapisan cat pada karet mudah lepas jika kita tidak merawatnya dengan benar.

How to Handle Dirt:   Sifat karet yang tidak meresap cairan membuat kotoran jenis apapun tidak bisa menempel dengan bandel di bahan ini. Paling mudah adalah membersihkan bahan karet dengan lap basah, namun untuk lebih serius kalian bisa menyikatnya dengan sikat gigi dan deterjen.

 

Mesh

Mesh adalah bahan yang juga cukup mudah untuk dirawat. Masalahnya adalah bahan mesh sering kali menjadi material yang dikelilingi oleh material-material lainnya dalam sebuah sneaker. Tapi ya kembali itu tadi, serat jalinan bahan mesh biasanya akan menjadi yang paling bebas maintenance dibandingan material lainnya.

How to Handle Dirt: Bahan mesh sangat sulit kotor bahkan jika terkena tanah atau lumpur, partikel-partikel tersebut sering kali terlepas sendiri karena tekstur jahitan yang renggang pada mesh.

Itu dia bro material-material yang umum ada pada sneaker dan bagaimana cara merawatnya. Jadi yang terpenting adalah kalian tahu dulu bagaimana karakter dan sifat dari bahan di sneaker yang kalian miliki, baru mulai memberikan perawatan.