Motor-mobil

Kenapa Harus Bangun Motor Tua?

Motor adalah salah satu benda yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang pria. Hobi yang satu ini memang lumayan menguras waktu dan dana, tapi rasa puas setelah sukses membangun sebuah motor jelas tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Ada dua jenis penggila roda dua, yaitu tipe rider dan tipe builder. Di artikel berikutnya kita akan bahas tipe rider, tapi kali ini adalah porsi para builder.

Builder adalah penggemar roda dua yang senang membangun motor dari bahan mentah untuk menjadi motor yang sesuai dengan imajinasi mereka, dan motor tua merupakan salah satu bahan mentah yang cukup sulit untuk dibangun. Lalu apa saja alasan kenapa kita harus membangun motor tua?

From Zero to Hero

From Zero to Hero | Ist.

Membangun motor tua hampir sama saja kita membangun motor dari nol. Maksudnya sering kali kita mendapat bahan motor yang sudah mati total dan menghidupkan mesin tidaklah mudah. Perjuangan kita dalam membangun motor akan sangat menguras tenaga dan kantong.

Mencari spare part yang mungkin saja sudah tidak diproduksi adalah perburuan yang butuh mental kuat. Sang mesin sudah berhasil dihidupkan saja sudah merupakan kepuasan yang luar biasa.

Kelas Berbeda

Apparel Stylish Bikin Makin Garang | Matmoto

Beberapa motor tua yang sukses dibangun akan memberikan kelas tersendiri pada gaya kita. Mau tidak mau apparel yang dipakai juga harus beraroma vintage untuk mendukung sang motor. Di jalan raya, jelas kita akan menjadi artis lampu merah. Yang terpenting adalah orisinalitas, semakin banyak part-part yang masih asli menempel pada motor dan dalam keadaan prima maka kita punya kelas tersendiri bro.

Teman Baru

Punya Geng Motor | Caferacer Indonesia

Kesulitan dalam membangun sebuah motor tua mau tidak mau akan membuat kita bergabung dengan komunitas-komunitas yang serius di area ini. Artinya kita akan punya teman-teman baru yang bisa menjadi mentor untuk urusan modifikasi. Lebih dari itu, mereka bisa menjadi keluarga kita jika kita berhasil menyatu dan ikut dalam beberapa acara riding bersama.

Bahan Mentah

Hunting Sparepart Jadi Hobi Baru | Google

Mencarinya sulit dan kalaupun ketemu mungkin harganya bisa membuat keringatan. Beberapa motor kelas berat yang bisa menjadi bahan mentah antara lain Honda CB 750, Yamaha XS 650, Triumph Boneville T120, Norton Big Four 1952. Jika dana terbatas dan energi berburu sudah hampir habis, Honda CB 200 atau CB 100 merupakan varian yang paling mudah dicari saat ini.

Ingat hobi ini benar-benar menguras kantong jika kalian ingin bermain di kelas berat, sesuaikan kemampuan finansial kalian sebelum memutuskan untuk masuk ke hobi ini. Kembali ke aturan utama, hobi adalah tempat kita buang-buang uang, selama pendapatan belum bisa mengakomodasi sebaiknya masukkan hobi ini di wish list dulu ya bro.